Teks Pancasila 1-5 dan Makna Lambangnya yang Perlu Siswa Tahu

lus - detikEdu
Jumat, 16 Jul 2021 08:00 WIB
Sejumlah anak jalanan bersama Gerakan Cinta Pancasila menggelar acara untuk memperingati hari lahirnya Pancasila, Jakarta, Selasa (1/6/2021). Kegiatan untuk memperingati hari lahirnya Pancasila tersebut diisi dengan kegiatan menyanyi, membaca puisi serta melukis.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Teks Pancasila dan lambang Burung Garuda adalah dasar dari ideologi Bangsa Indonesia yang perlu kita jaga. Warga Negara Indonesia yang cinta tanah air sangat dianjurkan untuk mengetahui poin-poin yang tercantum dalam teks pancasila dan juga makna di dalamnya.

Teks Pancasila bisanya dikenalkan dalam pelajaran Kewarganegaraan. Bagi para pelajar tentu wajib mengetahui isi dari teks pancasila.

Berikut poin-poin tentang teks Pancasila:

1. Sila Pertama: Ketuhanan yang Maha Esa
Penerapan sila pertama dalam kehidupan sehari-hari yaitu mengajak keluarga di rumah untuk beribadah bersama. Sila pertama memiliki lambang bintang berwarna emas. Bentuk bintang diartikan sebagai penggambaran cahaya selayaknya Tuhan yang dapat menjadi chaya kehidupan bagi para hamba yang beriman.

Dilansir dalam laman Kemendikbud, bintang emas dalam Pancasila mengandung arti bangsa Indonesia adalah bangsa yang religius, beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa.

2. Sila Kedua: Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
Penerapan sila kedua di rumah bisa dilakukan dengan cara memberi contoh kepada anak agar berlaku sopan dan menghargai orang lain.

Sila kedua dilambangkan dengan rantai yang tersusun dari 17 gelang saling terhubung. Hal tersebut memiliki arti bahwa manusia saling berhubungan dan sudah seharusnya saling tolong menolong.

3. Sila Ketiga: Persatuan Indonesia
Penerapan sila ketiga ini dapat dilakukan dengan cara menghargai lambang negara, termasuk mengetahui isi teks Pancasila yang benar dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Sila ketiga dilambangkan dengan pohon beringin yang dikenal memiliki akar tunjang yang kuat dan bisa tumbuh sangat dalam. Sehingga masyarakat Indonesia diharapkan dapat memupuk rasa cinta tanah air sedalam-dalamnya.

4. Sila Keempat: Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
Sila keempat yang dilambangkan dengan kapala banteng ini jika dituangkan dalam kehidupan sehari-hari adalah ikut aktif berorganisasi dan berkegiatan sosial. Dengan lambang Pancasila ini rakyat Indonesia diharapkan dapat mengadopsi kebiasaan dari banteng pada saat membuat keputusan yaitu memutuskan hasil bersama-sama lewat musyawarah.

5. Sila Kelima: Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia
Sila kelima yang nilainya bisa dijalankan dalam keseharian salah satu contohnya adalah taat membayar pajak dan ikut menjaga fasilitas umum. Lambang dari sila kelima adalah padi dan kapas. Padi dan kapas diartikan sebagai kebutuhan pokok berupa pangan dan sandang yang diperlukan oleh semua masyarakat Indonesia.

Sehingga lambang padi dan kapas ini memiliki makna semua rakyat Indonesia tidak perlu membedakan status sosial.

Itulah penjelasan tentang teks Pancasila dan juga lambangnya yang perlu siswa ketahui.



Simak Video "Heboh Video Pria Doktrin Anggota Ormas PP untuk Membunuh"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia