Cara Pencairan BSU Guru Honorer, Klik info.gtk.kemdikbud.go.id

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 15 Jul 2021 11:16 WIB
Info GTK Kemendikbudristek
Foto: Kemendikbudristek/Cara Pencairan BSU Guru Honorer, Klik info.gtk.kemdikbud.go.id
Jakarta - Para pendidik sebaiknya segera cek info.gtk.kemdikbud.go.id terkait aktivasi rekening Bantuan Subsidi Upah (BSU) guru honorer. Hingga Kamis (15/7/2021) tersedia waktu sekitar setengah bulan untuk proses aktivasi.

Kemendikbudristek telah mengumumkan proses aktivasi diperpanjang hingga 31 Juli 2021. Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Kapuslapdik) Abdul Kahar menyatakan, keputusan memperpanjang BSU Guru Honorer bertujuan mengoptimalkan bantuan terutama di masa pandemi.

Para penerima juga tak perlu melewati langkah sulit dalam melakukan aktivasi rekening. Abdul menjelaskan, peserta cukup pergi ke bank dengan membawa KTP dan Surat Pernyataan Tanggungjawab Mutlak (SPTJM).

"Caranya sangat mudah, rekeningnya sudah kami bantu buatkan, tinggal datang ke bank dengan membawa KTP dan SPTJM. Uangnya bisa diambil langsung semua, atau tetap disimpan di rekening, silakan saja. Segera dicek dan dicetak buku tabungannya," kata Abdul.

Selanjutnya, untuk mencairkan BSU Guru Honorer ini, para penerima perlu membawa KTP, NPWP (jika punya), dan surat keputusan penerima BSU yang formatnya bisa dilihat di info.gtk.kemdikbud.go.id. BSU tak perlu langsung dicairkan semuanya.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan SPTJM yang bermaterai dan sudah ditandatangani. Jika seluruh dokumen sudah lengkap, penerima tinggal menuju ke bank penyalur dan mengaktifkan rekening pencairan dana.

Cara mencairkan dana BSU Guru Honorer 2021:

1. Buka info.gtk.kemdikbud.go.id atau bsudikti.kemdikbud.go.id.

2. Unduh dan cetak SPTJM

3. Datang ke bank dengan membawa dokumen persyaratan. Kemudian aktifkan buku tabungan dan cairkan dana BSU.

Begitulah cara aktifasi rekening dan pencairan dana BSU Guru Honorer 2021 di info.gtk.kemdikbud.go.id. Segera lakukan sekarang sebelum 31 Juli ya.

Simak Video "Bantuan Subsidi Upah Rp 1 Juta Cair Hari Ini, Begini Cara Ceknya!"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia