Tips Memilih Hewan Kurban Ideal Secara Online dari Pakar IPB

Rahma I Harbani - detikEdu
Selasa, 13 Jul 2021 13:47 WIB
Kambing kurban jenis etawa seharga motor matic
Foto: Muhammad Idris/detikFinance
Jakarta - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas secara resmi menyatakan bahwa Idul Adha 2021 akan jatuh pada Selasa, 20 Juli 2021. Keputusan ini didasarkan dari hasil sidang isbat pada 10 Juli 2021 lalu. Oleh sebab itu, pakar Institut Pertanian Bogor (IPB) membagikan tips ideal dalam memilih hewan kurban.

Tips ini utamanya ditujukan bagi para pembeli yang hendak melaksanakan kurban di tengah pandemi. Sebab kondisi pandemi membuat beberapa pembeli kesulitan dalam memilih hewan kurban yang tepat secara daring (online).

Dosen Fakultas Peternakan IPB University Edit Lesa Aditia mengingatkan para pembeli bahwa mencari penjual hewan kurban merupakan salah satu faktor yang penting dalam memilih hewan kurban berkualitas.

"Untuk mencari penjual hewan kurban yang terpercaya sangatlah penting," ujar Edit dalam keterangan tertulisnya pada wartawan, Senin (12/7/2021).

Kondisi online ini, menurut Edit, membuat oknum-oknum tertentu bisa memanipulasi kondisi hewan kurban agar terlihat gemuk sehingga bobotnya terlihat lebih besar. Jadi, hewan kurban yang gemuk belum tentu memiliki daging yang besar.

"(Badan gemuk hewan) bisa saja lemak dan bisa juga manipulasi dari peternak yang sengaja membuat ternak kembung sehingga badannya terlihat lebih gemuk. Saat ditimbang, bobotnya pun menjadi lebih tinggi," tuturnya.

Edit juga menyebut faktor BB atau bobot badan bukanlah satu-satunya cara dalam memilih hewan kurban. Namun, para pembeli juga harus memperhatikan tampak bagian depan, belakang, dan samping dari hewan kurban yang hendak dibeli.

Pria yang juga dosen dari Departemen Ilmu Produksi dan Teknologi Peternakan IPB ini pun memberi contoh bahwa Sapi Madura dan Sapi Bali umumnya memiliki kerangka yang kecil. Tetapi, daging yang dihasilkan kedua jenis sapi tersebut lebih banyak dibandingkan dengan sapi berkerangka besar.

"Lihat kerangkanya, pastikan daging terdeposit di tubuh. Karena kerangka hewan ini sangat berpengaruh pada daging yang dihasilkan," sambung dia.

Selain sapi, Edit juga mengingatkan para pembeli untuk berhati-hati dalam memilih domba. Sebab, para oknum juga bisa memanipulasi ukuran domba agar terlihat lebih gemuk melalui bulu tebalnya.

Sebagai penutup, ia menyarankan untuk melihat bagian punggung domba. Hal ini dapat membantu menentukan apakah domba tersebut benar-benar gemuk atau pun hanya dibuat 'seolah-olah gemuk'.

"Yang harus dilakukan adalah pegang bagian punggung domba. Jika yang terasa tulang, maka domba itu kurus. Namun jika terasa lunak di punggungnya, maka itulah domba yang ideal," tutup dosen IPB ini.


tag

tips kurban
idul adha 2021
hewan kurban
ipb university
institut pertanian bogor

Simak Video "Fatwa MUI tentang Tata Laksana Penyembelihan Kurban Saat Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia