10 Artis Korea dengan SPP Sekolah Termahal, Ada yang Sampai 3,7 Miliar Rupiah

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 13 Jul 2021 09:00 WIB
G-Dragon
Foto: ist
Jakarta - Artis Korea pun tak kalah total dalam mengeluarkan biaya untuk pendidikan. Banyak dari mereka yang merupakan lulusan sekolah internasional atau sekolah elit, serta pandai dalam berbagai bidang di samping seni.

Beberapa waktu lalu, TMI News kanal Mnet mengungkapkan beberapa idola Korea dengan biaya sekolah termahal. Berikut ini detikEdu telah merangkumnya dari laman tersebut:

1. Ten NCT

Ten menjadi idola Korea dengan biaya sekolah paling mahal. Dirinya adalah lulusan sekolah internasional berinisial S yang merupakan peringkat teratas di antara sekolah internasional berbasis olahraga dan seni di Thailand.

Biaya uang pangkal di sana mencapai 230.000 baht atau sekitar Rp102 juta rupiah. Apabila ditotal selama 10 tahun Ten menempuh pendidikan di sekolah tersebut, maka seluruh biaya uang pangkal serta SPP yang ia bayarkan adalah Rp3,7 miliar.

2. Jackson GOT7

Ketika menginjak kelas 2 sekolah dasar, Jackson pindah ke Sekolah Internasional Amerika di Hong Kong. Di sekolah itu, ia menghabiskan masa studi mulai kelas 2 hingga kelas 12.

Total biaya yang dikeluarkan selama masa studinya adalah HK$1.631.680 atau sekitar Rp3,6 miliar. Ketika masih menjadi pelajar, Jackson juga pernah menyabet juara pertama olahraga Fencing tnigkat Asia.

Wendy Red VelvetWendy Red Velvet Foto: dok. Twitter RVsmtown

2. Wendy Red Velvet

Wendy adalah lulusan sekolah swasta berbasis asrama di daerah Minnesota, Amerika Serikat. Selama menjadi siswi di sekolah tersebut, total biaya SPP ditambah uang makan dan asrama selama setahun saja adalah $55,000 atau sekitar Rp800 juta. Maka, selama 3 tahun menjadi pelajar di sana, Wendi mengeluarkan biaya kira-kira Rp2,3 miliar.

Setelah lulus dari sekolah itu, Wendy melanjutkan ke sekolah negeri berinisial R di Kanada. Selama tiga tahun hingga lulus, biaya SPP yang dikeluarkannya setara dengan 21,4 juta won atau sekitar Rp2,7 miliar.

4. Krystal

Artis Korea yang berasal dari San Fransisco, Amerika Serikat ini adalah lulusan sekolah luar negeri berinisial K di Korea. Sekolah tersebut dikenal dengan 95 persen lulusannya yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi di Amerika Serikat.

Apabila ditotal, biaya sekolah Krystal sejak dirinya berada di kelas 3 SD hingga SMP di sekolah tersebut adalah Rp1,5 miliar. Setelah lulus, Krystal melanjutkan sekolah ke SMA berinisial H yang harga seragam musim dinginnya saja bisa mencapai 1 juta won atau hampir Rp13 juta dengan SPP sekitar Rp51 juta per tahun.

5. Jae Hyun Golden Child

Jae Hyun dulunya adalah siswa sekolah dasar berbasis bilingual berinisial Y di Seoul. Sekolah ini dikenal sebagai sekolah swasta paling mahal di Korea Selatan.

Jika mengacu pada data SPP sekolah tersebut di tahun 2016, maka total biaya yang artis ini keluarkan selama 6 tahun adalah sekitar 69,42 juta won atau Rp877,6 juta. Sementara, total biaya sekolahnya selama SMP dan SMA adalah setara 48,4 juta won atau sekitar Rp612 juta.

6. Aron NU'EST

Artis kelahiran Los Angeles ini dulunya merupakan siswa sekolah elit berinisial L di Los Angeles. Sekolah tersebut didirikan pada tahun 1865 dan dikenal memiliki seleksi yang sangat ketat untuk bisa memasukinya.

Biaya per semester sekolah tersebut adalah $22,000 atau Rp319 juta. Almamater Aron ini juga merupakan SMA khusus pria terbaik di Los Angeles tahun 2021.

7. Kwon Hyun Bin

Kwon Hyun Bin semasa sekolah dasar adalah siswa sekolah internasional berinisial A di Tokyo. Sekolah ini terkenal dengan fasilitasnya yang lengkap dan mumpuni.

Selama tiga tahun berada di sana, biaya sekolah Kwon Hyun Bin 7,73 juta yen atau setara Rp1 miliar. Artis yang dulunya atlet fencing ini juga pernah menjadi mahasiswa universitas berinisial S yang biaya per tahunnya sekitar Rp100 juta.

PARIS, FRANCE - JANUARY 21: G-Dragon attends the Chanel Haute Couture Spring/Summer 2020 show as part of Paris Fashion Week at Grand Palais on January 21, 2020 in Paris, France. (Photo by Julien M. Hekimian/Getty Images for Chanel)PARIS, FRANCE - JANUARY 21: G-Dragon attends the Chanel Haute Couture Spring/Summer 2020 show as part of Paris Fashion Week at Grand Palais on January 21, 2020 in Paris, France. (Photo by Julien M. Hekimian/Getty Images for Chanel) Foto: Getty Images for Chanel/Julien M. Hekimian

8. G-Dragon BigBang

Sebagai seorang idoala yang sudah menjadi penyanyi rap sejak SD, G-Dragon pernah menjadi mahasiswa jurusan musik sebuah universitas di Korea berinisial K. Biaya kuliah selama dua semester di sana adalah 7,8 juta won atau hampir Rp99 juta.

Namun, dirinya pindah ke universitas daring berinisial G di mana uang kuliahnya selama 2 tahun adalah 6,06 juta won atau Rp77 juta. G-Dragon lalu melanjutkan studi program magister di universitas berinisial S selama 5 semester dengan biaya 17 juta won atau Rp215 juta.

9. Do Hyon

Idola remaja yang dijuluki 'the Grandson of Music' ini telah belajar biola di usia 4 tahun. Di samping itu, dirinya pandai bermain piano, gitar, flute, ukulele, dan melakukan beatbox.

Do Hyon pernah menjadi seorang siswa sekolah dasar internasional di Denmark dan Tokyo. Selama masih di Jepang, biaya sekolah Do Hyon setara dengan 61 juta won atau Rp771 juta.

10. Si Eun STAYC

Semasa sekolah dasar, Si Eun sempat pindah sekolah dan melanjutkan studinya di sekolah dasar swasta berinisial S yang terkenal dengan biayanya yang mahal. Biaya per tahun di sekolah dasar tersebut adalah 8 juta won atau Rp101 juta.

Ketika SMA, dirinya menjadi siswa di sekolah berinisial G yang populer dengan banyaknya siswa aktor cilik dan remaja. Berdasarkan data di tahun 2019, biaya per tahun sekolah ini adalah 10,9 juta won atau Rp138 juta.

Selanjutnya, Si Eun melanjutkan kuliah di universitas berinisial C yang merupakan almamater dari banyak aktor Korea. Biaya kuliah dirinya selama baru 3 semester menjadi mahasiswi adalah 14,590,000 atau setara Rp185 juta.

Itu dia 10 artis Korea yang punya biaya sekolah paling mahal. Ada idolamu, detikers?



Simak Video "Idol Grup K-Pop 1TEAM Bubar!"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia