8 Negara yang Terletak Paling Utara di Dunia, Apa Saja?

Kristina - detikEdu
Senin, 12 Jul 2021 18:45 WIB
Gletser Greenland
Foto: CNN
Jakarta - Ada 195 negara di dunia yang diakui oleh Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB). Dari sekian negara tersebut, 8 diantaranya disebut sebagai negara paling utara di dunia karena terletak di dekat Kutub Utara tepatnya di Samudra Arktik.

Samudra Arktik dikenal memiliki iklim kutub yang dingin sepanjang tahun. Suhunya rata-rata mencapai -2°C. Pada musim dingin, laut Arktik membeku dan semakin bertambah, puncaknya sekitar bulan Maret, dilansir dari National Snow & Ice Data Center (12/7/2021).

Ketika matahari kembali ke Kutub Utara pada Musim Semi, udara menghangat dan es mulai mencair. Titik terendah sekitar bulan September.

Dilansir dari WorldAtlas, titik paling utara bumi dikelilingi oleh penampakan lintang yang dikenal sebagai Lingkaran Arktik. Lingkaran ini berada di sisi paling utara dari lima lingkaran besar garis lintang. Tidak ada posisi pasti dari Lingkaran Arktik, tetapi terletak pada garis lintang 66°33'39'' LU.

Negara yang dekat dengan Lingkaran Arktik sebagian besar iklimnya lebih dingin. Suhu di berbagai tempat seperti Siberia bahkan bisa turun hingga -40° C. Berikut 8 negara paling utara di dunia:

1. Greenland (Denmark)

Negara paling dekat dengan Kutub Utara yang pertama adalah Greenland. Titik paling utara adalah Pulau Kaffeklubben. Tepatnya pada garis lintang 83°40' LU. Pulau yang dikenal dengan pulau klub Kopi ini terletak di ujung Greenland. Ini merupakan titik paling utara di dunia, sekitar 713,5 kilometer dari Kutub Utara.

Greenland adalah negara otonom dari Denmark yang paling dekat dengan Samudra Arktik. Negara ini memiliki iklim yang ekstrim. Pasalnya, setiap tahun wilayah ini diselimuti kegelapan kurang lebih selama 6 bulan. Bahkan, saat musim panas sekitar bulan Juli, Greenland tetap diselimuti es.

2. Kanada

Negara kedua adalah Kanada. Titik paling utaranya adalah Cape Columbia, Pulau Ellesmere, Nunavut. Tepatnya pada garis lintang 83°06' LU.

Cape Columbia berjarak sekitar 761 kilometer dari Kutub Utara. Pulau Ellesmere juga merupakan wilayah dari Kanada yang panjangnya mencapai 830 kilometer. Pulau ini dihuni oleh 146 orang karena sebagian besar wilayahnya tertutup oleh gletser dan lapisan es.

Sedangkan Nunavut Zenit Point terletak pada koordinat 73° LU 091° W dan memiliki luas total 2.038.722 kilometer persegi. Sebagian besar wilayahnya tetap dingin sepanjang tahun.

3. Rusia

Negara paling utara ketiga di dunia adalah Rusia. Titik paling utara adalah Cape Fligely, Pulau Rufold, Franz Josef Land. Tepatnya pada garis lintang 81°51' LU. Titik tersebut berjarak sekitar 911 kilometer dari Kutub Utara yang terletak di Eurasia dan Rusia.

Seluruh wilayah Pulau Rudolf tertutup gletser dan tidak memiliki habitat. Iklimnya keras dan dingin yang tidak mendukung vegetasi. Sementara itu, Franz Josef Land terdiri dari rangkaian pulau. Setidaknya ada 191 pulau yang jarak totalnya mencapai 16.134 kilometer persegi. Pada musim dingin, suhu akan turun hingga -40° C. Di musim panas suhunya mencapai 0-3° C.

4. Norwegia

Selanjutnya adalah Norwegia. Titik paling utara adalah Rossøya atau Pulau Ross, Svalbard. Tepatnya pada garis lintang 80°49' LU. Titik tersebut merupakan bagian dari gugusan pulau yang dikenal dengan Sjuøyane di Kepulauan Svalbard, wilayah administrasi Finn Mark.

Pulau Ross berjarak sekitar 1024,3 kilometer dari Kutub Utara. Pulau tersebut dapat diakses dengan kapal di Musim Panas. Sementara pada Musim Dingin akan sulit diakses karena kondisi beku. Pulau ini memiliki bercak hijau akibat efek tanaman Cochlearia groenlandica yang tumbuh subur pada kotoran burung.

Selama Musim Panas, beberapa burung akan bermigrasi ke wilayah tersebut. Beruang kutub juga akan banyak didapati di pulau ini terutama pada musim dingin karena adanya es.

5. Amerika Serikat

Negara yang kelima adalah Amerika Serikat dengan titik paling utara adalah Point Barrow, Alaska. Tepatnya pada garis lintang 71°23' LU. Point Barrow adalah sebuah tanjung yang terletak di pantai Samudra Arktik di negara bagian Alaska.Landmark geografis yang signifikan ini membatasi dua laut marginal penting di Samudra Arktik, yaitu Laut Beaufort di timur dan Laut Chukchi di barat.

Wilayah ini tertutup es sepanjang tahun dan hanya akan bebas es selama sekitar 2-3 bulan. Selama beberapa tahun, Point telah menjadi titik awal bagi ekspedisi Arktik.Titik ini juga merupakan situs arkeologi terkenal dan beberapa artefak budaya seperti Thule telah ditemukan dari daerah tersebut.

6. Finlandia

Negara paling utara selanjutnya adalah Finlandia. Titik paling utara adalah Nuorgam, Utsjoki, Lapland. Tepatnya pada garis lintang 70°05' LU. Nuorgam adalah sebuah desa kecil di kotamadya Utsjoki di wilayah Lapland. Desa tersebut dihuni sekitar 200 penduduk.

Nuorgam bukan hanya titik paling utara Finlandia, tetapi juga seluruh Uni Eropa. Wilayah ini terletak di Sungai Deatnu yang terkenal sebagai tempat memancing ikan salmon. Desa-desa kecil lainnya yang dekat dengan Nuorgam seperti ana dan Utsjoki.

Finlandia sendiri merupakan negara Skandinavia yang terletak di wilayah Eropa utara dan berbatasan dengan Swedia, Norwegia, dania dengan ibukotanya Helsinki.

7. Swedia

Negara paling utara ketujuh adalah Swedia. Titik paling utara di Swedia terletak di tempat yang dikenal dengan Treriksröset atau Three-Country Cairn ,Provinsi Lapland. Tepatnya pada 69°04' LU. Tempat tersebut merupakan pertemuan antara tiga negara yaitu Swedia, Finlandia, dan Norwegia.

Three-Country Cairn sendiri merupakan nama monumen tiga titik yang terletak di tempat tersebut. Monumen itu didirikan oleh pemerintah Norwegia dan Rusia pada tahun 1897 ketika Rusia masih memerintah Finlandia.

8. Islandia

Negara paling utara di dunia ke-8 adalah Islandia. Titik paling utaranya berada di Kolbeinsey, Eyjafjarðarsýsla. Tepatnya pada garis lintang 67°08' LU. Pulau ini terletak sekitar 105 kilometer dari pantai utara Islandia.

Kolbeinsey dikenal sebagai pulau vulkanik kecil di utara Islandia yang masih berada dalam Lingkaran Arktik. Pulau ini semakin mengecil akibat adanya erosi.



Simak Video "Hujan Deras Guyur Puncak Greenland, Apa Dampaknya?"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia