Profil Samudra Terbesar di Dunia, Luasnya Capai Sepertiga Permukaan Bumi

Kristina - detikEdu
Kamis, 08 Jul 2021 18:01 WIB
Sampah Plastik di Samudra Pasifik
Samudra Pasifik dikenal sebagai samudra terbesar di dunia (Foto: CNN)
Jakarta - Samudra adalah lautan yang terbentuk dari massa air asin yang membentang luas. Setidaknya, ada 5 samudra yang ada di dunia. Samudra terbesar mencapai sepertiga permukaan bumi.

Dikutip dari buku Ensiklopedia Kelautan dan Perikanan oleh Yvonne Idrajati Pattinaja dkk, samudra meliputi 71% permukaan bumi dengan luas area sekitar 361 juta kilometer persegi. Kedalaman rata-rata mencapai 3.790 meter.

Terdapat lima samudra yang ada di bumi. Di antaranya Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, Samudra Antartika, dan Samudra Arktik. Masing-masing samudra dibatasi oleh benua atau kepulauan besar.

Dari kelima samudra tersebut, Samudra Pasifik dinobatkan menjadi samudra terbesar di dunia. Pasalnya, samudra ini memiliki luas sekitar 179,7 juta kilometer persegi atau 69,4 juta mil. Panjangnya sekitar 14.500 km dari Laut Bering di Arktik hingga batasan es di Laut Ross (Antartika Selatan). Luas tersebut setara dengan sepertiga permukaan bumi.

Samudra Pasifik sering disebut dengan Lautan Teduh. Kata Pasifik sendiri berasal dari bahasa Spanyol, Pacifico yang artinya tenang. Samudra ini membentang luas sekitar 18.800 kilometer atau 12.300 mil dari Indonesia hingga pesisir Kolombia.

Dirangkum dari buku RPUL untuk SMP oleh Dini Indrastuti, berikut profil Samudra Pasifik yang menjadi samudra terbesar di dunia.

1. Nama samudra ini diberikan oleh seorang penjelajah Portugis yang bernama Fernando de Magelhaens pada tahun 1520. Ia berlayar melewati sepetak air yang tenang di lautan.

2. Samudra Pasifik terletak di antara Asia dan Australia di sebelah baratm Amerika di sebelah timur, Antartika di sebelah selatan, dan Samudra Arktik di sebelah utara.

2. Samudra Pasifik memiliki sekitar 25.000 kepulauan yang mayoritas terletak di selatan khatulistiwa.

3. Terdapat banyak lautan di samudra ini. Di antara laut-laut yang besar antara lain Laut Sulawesi, Laut Koral, Laut Cina Timir, Laut Jepang, Laut Cina Selatan, Laut Sulu, Laut Tasman, dan Laut Kuning. Sementara itu, ada juga Selat Malaka yang menghubungkan Samudra Pasifik dengan Samudra Hindia di sebelah barat. Serta, Selat Magelhaens menghubungkan Samudra Pasifik dengan Samudra Atlantik di sebelah timur.

4. Ciri khas perairan Pasifik memiliki gunung-gunung dan laut. Selain itu, dasar samudranya merupakan pusat gempa bagi Jepang dan pantai barat benua Amerika. Terdapat arus panas (kurosyiwo) dan arus dingin (oyashio) serta memiliki gejala iklim global El-nino dan La-nina.

5. Di Samudra Pasifik merupakan pusat badai tropis. Sehingga, sering terjadi badai.

Dilansir dari National Geographic, Samudra Pasifik disebut sebagai daerah rawan gempa dan aktivitas vulkanik di sekitar tepinya. Rantai gunung berapi yang dihasilkan panjangnya mencapai sekitar 25.000 mil. Lempeng teknonik Pasifik meluncur bertabrakan dengan lempek teknonik lain yang mengelilinginya. Hal ini menjadikan cekungan Pasifik sering disebut sebagai Cincin Api (The Ring of Fire).



Simak Video "Jepang Rencana Buang Air Radioaktif Fukushima ke Samudra"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia