Dear Students, 20 Negara Paling Bahagia Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu Melanjutkan Studi Lho

Novia Aisyah - detikEdu
Senin, 21 Jun 2021 14:20 WIB
Zermett Swiss
Foto: iStock
Jakarta - Sebuah penelitian tentang tingkat kebahagiaan negara di seluruh dunia telah diterbitkan melalui World Happiness Report 2021. Peringkat tersebut berdasarkan sebuah data survei The Gallup World Poll.

Survei ini mengukur tingkat kebahagiaan berdasarkan faktor life evaluations. Para peneliti yang terdiri dari berbagai akademika universitas terkemuka di dunia ini melakukan analisa dengan fokus dampak pandemi Covid-19.

Data dari survei yang dilakukan pada tahun 2020 tersebut, kemudian dibandingkan dengan data dari tahun 2017-2019. Ada 95 negara yang termasuk dalam penelitian ini. Begini peringkat 20 besarnya.

1. Finlandia
2. Islandia
3. Denmark
4. Swiss
5. Belanda
6. Swedia
7. Jerman
8. Norwegia
9. New Zealand
10. Austria
11. Israel
12. Australia
13. Irlandia
14. Amerika Serikat
15. Kanada
16. Republik Ceko
17. Belgia
18. United Kingdom
19. Taiwan
20. Perancis

Dalam survei tingkat kebahagiaan ini, para peneliti juga mengukur tingkat kesejahteraan subjektif. Indikator bagi tingkat kesejahteraan subjektif tersebut adalah emosi positif, emosi negatif, serta life evaluations tadi.

Life evaluations dianggap sebagai ukuran yang paling dapat menggambarkan kualitas hidup secara komplit dan stabil, dibandingkan indikator emosi. Karena itulah, World Happiness Report 2021 menggunakan indikator tersebut.

Sebagai informasi tambahan, indikator emosi positif diukur dengan pertanyaan, "Apakah responden banyak tersenyum dan tertawa kemarin?". Serta, "Apakah merasakan banyak kesenangan kemarin?"

Sementara, indikator emosi negatif diukur dengan pertanyaan, "Apakah responden merasakan emosi negatif tertentu kemarin?". Tiga bentuk emosi yang digunakan dalam pertanyaan ini adalah kecemasan, kesedihan, serta amarah.

Itu dia negara-negara yang punya tingkat kebahagiaan tertinggi di dunia. Adakah yang ingin jadi tujuanmu untuk melanjutkan pendidikan, detikers?



Simak Video "Vaksinasi Covid-19 Diharapkan Bisa Dilakukan Setahun Sekali "
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia