Mengapa Seperti Terlihat Matahari Terbit dari Utara? Ini Penjelasan BMKG

Novia Aisyah - detikEdu
Jumat, 18 Jun 2021 10:43 WIB
Tangkapan layar video viral matahari terbit dari utara di Kabupaten Jeneponto, Sulsel.
Foto: Tangkapan layar video viral matahari terbit dari utara di Kabupaten Jeneponto, Sulsel/Mengapa Seperti Terlihat Matahari Terbit dari Utara? Ini Penjelasan BMKG.
Jakarta - Video matahari terbit dari utara tengah viral di media sosial. Lokasi perekaman tersebut terjadi di MAN Binamu, Kabupaten Jeneponto, Sulawesi Selatan.

"Saya katakan ini adalah keanehan karena sebelumnya saya belum pernah melihat di mana yang menjadi kebiasaan terbit dari timur sebelah timur. Tapi sekarang baru menjelang jam 8 pagi ternyata matahari sudah berada pada posisi utara, tidak biasanya terjadi seperti itu," ujar perekam video dikutip dari detikcom.

Peristiwa video viral matahari terbit dari utara terjadi pada Kamis (17/6/2021). Sejumlah guru sekolah MAN Binamu terlihat ikut menyaksikan peristiwa tersebut.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) WIlayah IV Makassar memberikan tanggapan terkait video viral ini. Menurutnya mustahil matahari terbit dari utara.

Memang sebenarnya matahari tidak ada yang terbit dari utara tetap terbit dari timur," jelas Prakirawan BMKG yang sedang bertugas Risky.

Risky menyatakan bahwa sebetulnya matahari dalam video tersebut sebetulnya tetap terbit dari arah timur. Walau demikian, dalam perjalanannya bergerak condong di sisi utara.

Karena alasan tersebut, Risky memaklumi jika masyarakat menganggap matahari terbit dari utara. Ia juga menyebutkan bahwa peristiwa ini memang rutin terjadi tiap tahun.

Fenomena semacam ini biasanya terjadi mulai bulan Maret dan puncaknya di bulan Juni, lalu berakhir bulan September. Risky menjelaskan setelah September menuju Oktober, November, Desember, matahari akan bergerak perlahan-lahan dari timur ke barat lewat arah selatan.

Lantas, kapan matahari bergerak di garis Khatulistiwa?

"Desember ke Maret condong ke Selatan itu kembali lagi ke tengah-tengah, posisi ekuator di garis Khatulistiwa," kata risky

Sehubungan dengan viralnya matahari terbit dari utara, Risky juga mengatakan bahwa hal tersebut bisa disaksikan di seluruh Indonesia.

Simak Video "Heboh Matahari Terbit dari Utara di Jeneponto, Ini Kata BMKG"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia