Inovatif! Dosen UPJ Desain Tutup Botol Hand Sanitizer Bebas Bakteri

Content Promotion - detikEdu
Selasa, 15 Jun 2021 10:03 WIB
botol hand sanitizer tipe semprot yang inovatif bernama PUNTO.
Foto: Universitas Pembangunan Jaya
Jakarta - Dosen di Program Studi Desain Produk Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) Fitorio Leksono dan Ismail Alif Siregar mendesain botol hand sanitizer tipe semprot yang inovatif bernama PUNTO.

Adapun desain inovatif tersebut terletak pada bagian tutup botol yang memiliki fungsi tambahan sebagai alat untuk menekan permukaan sempit seperti tombol lift, tombol mesin ATM, serta tombol mesin EDC (Electronic Data Capture).

PUNTO ini pun telah didaftarkan patennya di Direktorat Jenderal Hak atas Kekayaan Intelektual ini adalah salah satu hasil penelitian Behavior Design Lab yang siap untuk bermitra dengan industri yang terkait.

Hal itu dilakukan agar masyarakat di masa pandemi seperti saat ini, dapat menyentuh permukaan yang tidak terjamin kehigienisannya dengan alat bantu pada tutup hand sanitizer dengan rasa aman dan fleksibel.

Sebab saat ini banyak orang membawa botol hand sanitizer, baik yang berupa gel maupun semprot, namun hampir semua desain botol hand sanitizer terutama botol tipe semprot itu masih menggunakan desain yang umum di era sebelum pandemi.

Botol hand sanitizer tipe semprot yang inovatif bernama PUNTO.Botol hand sanitizer tipe semprot yang inovatif bernama PUNTO. Foto: Universitas Pembangunan Jaya

Berangkat dari hasil observasi kebiasaan ini, maka PUNTO hadir agar masyarakat dapat melakukan aktivitas sehari-harinya dengan lebih menjaga higienitas sehingga terbebas dari bakteri yang tidak terlihat.

Sebagai informasi, dua orang dosen program studi Desain Produk ini aktif sebagai peneliti di Behavior Design Lab sebuah unit Penelitian di Universitas Pembangunan Jaya di bawah Program Studi Desain Produk yang mengutamakan pendekatan multidisiplin untuk merancang solusi berdasarkan penelitian perilaku, kebiasaan, dan observasi terhadap calon pengguna.

Untuk informasi lebih lanjut tentang PUNTO dan Behavior Design Lab (BDL) bisa langsung mengunjungi halaman media sosial Instagram BDL di @behaviordesignlab. (ads/ads)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia