Rasul Bergelar Ulul Azmi Ada 5, Ini Penjelasan dan Mukjizatnya

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 08 Jun 2021 19:10 WIB
Arabs, Middle East, Culture - Three Arab men walking behind each other on the sand dunes
Foto: Getty Images/GCShutter/Rosul Bergelar Ulul Azmi Ada 5, Ini Penjelasan dan Mukjizatnya
Jakarta - Jumlah rasul yang wajib kita imani dalam ajaran agama Islam ada sebanyak 25 rasul. Di antara 25 rasul tersebut, ternyata ada 5 rasul yang mendapat gelar istimewa, yaitu gelar ulul azmi. Apa itu ulul azmi?

Secara bahasa, ulul azmi memiliki arti orang-orang besar. Menurut buku Agama Islam yang ditulis Hj Hindun Anwar, ulul azmi adalah gelar yang diberikan kepada rasul yang memiliki ketabahan dan kesabaran luar biasa baiknya dalam menjalankan tugas yang suci.

Lantas, siapa saja orang-orang besar pilihan Allah SWT dan juga yang diberikan keistimewaan Allah SWT dalam menajalankan tugasnya? Berikut nama 5 rasul yang termasuk rasul ulul azmi:

  1. Nabi Muhammad SAW
  2. Nabi Ibrahim AS
  3. Nabi Nuh AS
  4. Nabi Isa AS
  5. Nabi Musa AS

Disebut ulul azmi karena mereka banyak mengalami berbagai cobaan dan penderitaan ketika menyampaikan ajaran Allah SWT. Atas ketabahan dan kesabaran para rasul, Allah menganugerahi mereka gelar ulul azmi.

Dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam: Akidah Akhlak Untuk Madrasah Aliyah Kelas X yang ditulis Drs.H. Thoyib Sah Saputra, MPd, mukjizat yang dimiliki kelima rasul bergelar ulul azmi tersebut adalah:

Mukjizat rasul ulul azmi

1. Nabi Muhammad SAW

Di antara Rasul bergelar ulul azmi yang lain, Nabi Muhammad SAW merupakan rasul dengan jumlah mukjizat yang sangat banyak. Mulai dari sebelum dan sesudah kelahirannya, hingga masa akhir hidupnya.

Ada yang berpendapat, mukjizat pertama Nabi Muhammad SAW adalah kepribadian dan pemikiran beliau. Hal itulah yang dianggap menjadi mukjizat terbesar setelah Al Quran.

Mukjizat lainnya adalah saat beliau diutus sebagai rasul yakni, mukjizat membebaskan akal beliau. Artinya rasul tidak memikirkan hal selain yang tertuju kepada Allah SWT.

Kemudian, mukjizat besar lainnya yang diberikan kepada Nabi Muhammad SAW adalah peristiwa Isra Miraj. Nabi Muhammad juga diberikan keistimewaan berupa kitab suci Al Quran yang dijadikan pedoman hidup manusia di dunia hingga saat ini.

2. Nabi Ibrahim AS

Keistimewaan yang dialami Nabi Ibrahim adalah terselamatkan dari kobaran api. Saat itu, Nabi Ibrahim dilemparkan ke dalam kobaran api oleh Raja Namrud, kaum yang menentangnya. Namun panas api itu menjadi dingin dengan izin Allah SWT.

3. Nabi Nuh AS

Nabi Nuh AS mendapatkan keistimewaan dari Allah. Bermula dari kaumnya yang tertimpa musibah angin topan, banjir besar, ombak bergulung tinggi, hingga hujan deras yang tiada hentinya.

Allah memerintahkan Nabi Nuh untuk membuat perahu yang besar hingga perahu tersebut mampu ditumpangi oleh seluruh umat yang beriman. Hal itu pula yang membantu menyelamatkan mereka dari bencana tersebut.

Dalam beberapa saat kehidupan bumi telah musnah dan tertutup air, kecuali Nabi Nuh dan pengikutnya yang berada dalam perahu. Berdasarkan kisah yang tertulis di buku sebelumnya, angin topan tersebut berlanjut hingga beberapa zaman. Namun, hanya Allah saja yang mengetahui berapa lama bencana tersebut melanda.

4. Nabi Isa AS

Mukjizat Nabi Isa adalah dapat menghidupkan yang mati dengan izin Allah SWT. Selain itu, Nabi Isa dapat berbicara saat baru berumur beberapa jam.

Nabi Isa dengan lancar mengenalkan dirinya pada masyarakat. Mukjizat tersebut untuk melindungi ibunya, Siti Maryam, dari fitnah lingkungan sekitar, bahwa Siti Maryam melahirkan Nabi Isa AS tanpa ayah.

قَالَ اِنِّيْ عَبْدُ اللّٰهِ ۗاٰتٰنِيَ الْكِتٰبَ وَجَعَلَنِيْ نَبِيًّا ۙ - ٣٠

"Dia (Isa) berkata, "Sesungguhnya aku hamba Allah, Dia memberiku Kitab (Injil) dan Dia menjadikan aku seorang Nabi." (QS Maryam ayat 30).

Jika dirangkum dari sumber buku yang sama, mukjizat yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Isa AS adalah sebagai berikut:
Lahir tanpa adanya seorang ayah

  • Dapat berbicara waktu masih bayi
  • Bisa mengetahui Kitab Taurat asli Nabi Musa AS yang disembunyikan dan telah mengalami banyak perubahan Kaum Yahudi
  • Membentuk tanah seperti burung kemudian meniupkan ruh, lalu tanah itu menjadi burung
  • Menyembuhkan orang buta
  • Menyembuhkan orang yang berpenyakit vitiligo
  • Menghidupkan kembali orang yang telah mati
  • Diberikan kemampuan melihat hal-hal yang ghaib melalui panca inderanya meskipun tidak menyaksikan secara langsung
  • Menurunkan makanan dari langit karena permintaan Kaum Hawariyyun

5. Nabi Musa AS

Mukjizat bagi Nabi Musa AS adalah tongkat yang dapat berubah menjadi ular. Tongkat Nabi Musa dapat membelah Laut Merah sehingga dapat diseberangi.

Saat itu, tongkat Nabi Musa berubah menjadi ular ketika menghadapi tukang sihir Raja Fir'aun dan saat dikejar-kejar oleh Raja Fir'aun beserta bala tentaranya.

Nah, itulah rasul yang berjumlah 5 dengan gelar ulul azmi beserta dengan mukjizatnya. Semoga bermanfaat!

Simak Video "Besok, Polda Metro Panggil Haikal Hassan soal 'Mimpi Bertemu Rasul'"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia