Toleransi dalam Bahasa Arab Dinamakan Apa?

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Selasa, 08 Jun 2021 10:55 WIB
Nasihat Luqman kepada Anaknya: Dirikan Sholat
Toleransi dalam Bahasa Arab Dinamakan Apa? (Ilustrasi Foto: Fuad Hasyim/detikcom)
Jakarta - Toleransi dalam bahasa Arab dinamakan tasamuh. Merujuk pada buku Jalan Menggapai Ridho Ilahi, Tasamuh ini asal katanya dari kata bahasa Arab samahah yang memiliki arti berlapang dada, toleransi, kemurahan hati, pengampunan, kemudahan, dan perdamaian.

Sementara itu, menurut buku Metode dan Pendekatan dalam Syara Hadis yang ditulis oleh Muhammad Misbah, dkk, tasamuh berakar dari kata samhan yang memiliki arti kemudahan dan memudahkan. Kepala Lajnah Pentashihan Mushaf Al-Qur'an Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Republik Indonesia Muchlis M. Hanafi juga memaknai tasamuh atau toleransi sebagai sikap menghargai kepada yang lain, baik kepada sesama muslim maupun kepada non-muslim.

Secara etimologis, tasamuh adalah menoleransi atau menerima perkara secara ringan. Lalu menurut pengertian terminologis, tasamuh diartikan sebagai sikap menerima perbedaan dengan ringan hati.

Jadi dapat disimpulkan bahwa, seperti yang dilansir dari buku Pendidikan Agama Islam yang ditulis oleh Drs. Abd. Wadud, MA , tasamuh adalah sikap menerima perbedaan pendapat, pandangan, kepercayaan, atau kebiasaan.

Rasulullah SAW bersabda dalam salah satu haditsnya terkait dengan toleransi yang telah diceritakan Abdillah, lalu kepada Yazid yang telah mengabarkan kepada Muhammad bin Ishaq, dari Dawud bin Al Hushain, dari Ikrimah, dari Ibnu 'Abbas, ia berkata:

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ قَالَ قِيلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْأَدْيَانِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ قَالَ الْحَنِيفِيَّةُ السَّمْحَةُ

Artinya: "Ditanyakan kepada Rasulullah SAW, "Agama manakah yang paling dicintai oleh Allah? Maka beliau bersabda," Al Hanifiyyah As Samhah (yang lurus lagi toleran)." (HR. Imam Ahmad).

Menurut tulisan Salma Mursyid dalam jurnal Konsep Toleransi (Al-Samahah) Antar Umat Beragama Perspektif Islam, Al Hanifiyyah dalam hadits tersebut memiliki makna lurus dan benar, sementara itu al samhah maksudnya penuh kasih sayang dan toleransi.

Melalui tasamuh, akan tercipta suasana saling menghargai dan membantu terhadap sesama. Sebab fungsi dari sikap tasamuh adalah mendapatkan kasih sayang Allah serta Allah dan Rasul-Nya akan menyayangi orang-orang yang saling menyayangi terhadap sesamanya.

Semoga kita semua termasuk dalam orang yang menerapkan toleransi dan tasamuh dalam kehidupan sehari-hari, ya!

Simak Video "Toleransi Beragama, Pemuda Nasrani Mamasa Selawat dengan Musik Bambu"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia