Apa Nama Kota Madinah Sebelum Nabi Muhammad SAW Datang? Ini Jawabannya

Rosmha Widiyani - detikEdu
Jumat, 04 Jun 2021 12:30 WIB
Jabal Uhud di Madinah
Foto: Erwin Dariyanto/detikcom/Apa Nama Kota Madinah Sebelum Nabi Muhammad SAW Datang? Ini Jawabannya
Jakarta - Hijrah yang terjadi pada tahun 622 Masehi atau 13 tahun setelah kenabian menyimpan banyak cerita. Salah satunya perubahan nama kota Madinah sebelum Nabi Muhammad SAW datang.

Perintah hijrah tercantum dalam beberapa ayat Al Quran, salah satunya surat An-Nisa ayat 97

إِنَّ ٱلَّذِينَ تَوَفَّىٰهُمُ ٱلْمَلَٰٓئِكَةُ ظَالِمِىٓ أَنفُسِهِمْ قَالُوا۟ فِيمَ كُنتُمْ ۖ قَالُوا۟ كُنَّا مُسْتَضْعَفِينَ فِى ٱلْأَرْضِ ۚ قَالُوٓا۟ أَلَمْ تَكُنْ أَرْضُ ٱللَّهِ وَٰسِعَةً فَتُهَاجِرُوا۟ فِيهَا ۚ فَأُو۟لَٰٓئِكَ مَأْوَىٰهُمْ جَهَنَّمُ ۖ وَسَآءَتْ مَصِيرًا

Arab latin: Innallażīna tawaffāhumul-malā`ikatu ẓālimī anfusihim qālụ fīma kuntum, qālụ kunnā mustaḍ'afīna fil-arḍ, qālū a lam takun arḍullāhi wāsi'atan fa tuhājirụ fīhā, fa ulā`ika ma`wāhum jahannam, wa sā`at maṣīrā

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang diwafatkan malaikat dalam keadaan menganiaya diri sendiri, (kepada mereka) malaikat bertanya: "Dalam keadaan bagaimana kamu ini?". Mereka menjawab: "Adalah kami orang-orang yang tertindas di negeri (Mekah)". Para malaikat berkata: "Bukankah bumi Allah itu luas, sehingga kamu dapat berhijrah di bumi itu?". Orang-orang itu tempatnya neraka Jahannam, dan Jahannam itu seburuk-buruk tempat kembali.

Perjalanan hijrah Nabi Muhammad SAW ke kota Madinah dilakukan sembunyi-sembunyi. Dikutip dari buku Pendidikan Agama Islam (PAI) SMP-8 dari Dr Marzuki, MAg, terjadi perubahan nama kota Madinah sebelum Nabi Muhammad SAW datang.

"Kota Madinah sebelumnya bernama Yatsrib. Kota yang punya sebutan Madinatun Nabi (Masjid Nabi) atau Al-Madinah Al-Munawwarah (Kota yang Bercahaya) ini dikenal setelah masuknya Islam," tulis dosen PKn dan Hukum FIS UNY ini.

Selain perubahan nama kota Madinah sebelum Nabi Muhammad SAW datang, kondisi sosial masyarakat juga berubah. Sebelumnya, terjadi perebutan kekuasaan antara kaum Yahudi dengan suku Aus dan Khazraj di Madinah.

Konflik terjadi akibat perbedaan agama antara kelompok yang bertikai. Aus dan Khazraj menyembah berhala (watsani) sedangkan Yahudi adalah Ahlul Kitab dan percaya keesaan Tuhan. Meski bertikai, Aus dan Khazraj tidak asing dengan kepercayaan Yahudi.

"Keadaan ini menyebabkan mereka lebih mudah memahami ajaran keagamaan yang disampaikan Nabi Muhammad SAW dibanding penduduk Makkah, misal akan datangnya seorang Nabi," tulis Marzuki.

Masuknya Islam membawa dampak positif selain perubahan nama pada kota Madinah sebelum hijrah. Islam menyatukan semua kelompok masyarakat sehingga tak ada lagi yang mendominasi.

Dengan kondisi masyarakat yang lebih stabil, pemerintahan di kota Madinah berjalan lebih baik. Hasilnya politik dan ekonomi bisa berkembang membawa kemakmuran bagi masyarakatnya.

Simak Video "Menlu Arab Saudi Datang Kantor Menlu AS, Bahas Apa?"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia