Pola Mendidik Anak Sesuai Sunnah

Tim detikEdu - detikEdu
Rabu, 02 Jun 2021 12:00 WIB
mendidik anak
Pola Mendidik Anak Sesuai Sunnah (Ilustrasi: Foto: iStock)
Jakarta -

Dalam Islam, pola mendidik anak sesuai sunnah pada dasarnya adalah dengan meneladani perilaku Nabi Muhammad SAW dalam membina keluarga. Hal ini dikarenakan segala perbuatan dan sikap nabi Muhammad SAW merupakan manifestasi dari yang terkandung dalam kitab suci Al-Quran.

Dalam pelaksanaannya, Nabi sendiri memberikan kesempatan kepada umatnya untuk mengembangkan cara mendidik anak. Tentu saja selama cara tersebut tidak bertentangan dengan prinsip pendidikan yang dilakukan oleh Nabi.

Pola Pendidikan Qurani

Metode mendidik anak ini disebut merupakan metode yang berbasis pada kandungan Al-Quran dan AS-sunnah. Dalam hal ini, segala bentuk dari pendidikan didasarkan pada nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Quran dan As-Sunnah.

Tujuan dari pola pendidikan Qurani adalah untuk mendapatkan hasil yang mencakup fisik, mental, serta spiritual. Ketiga elemen tersebut kemudian digunakan untuk membentuk kepribadian anak.

Tujuan fisik yaitu dengan menunjukkan tingkah laku yang nyata, berupa tindakan pengalaman ibadah. Tujuan bersifat mental berhubungan mengembangkan tingkat intelegensi sehingga anak memiliki kemampuan untuk berpikir secara kritis serta logis.


Tujuan spiritual berhubungan dengan peningkatan kualitas ruhaniah manusia yang diwujudkan dalam perilaku dan ahlak serta moralitas yang berkualitas.

Realisasi mendidik Anak Secara Sunnah

Menerapkan metode Rasulullah SAW dalam mendidik anak dapat direalisasikan dalam beberapa hal seperti berikut ini.

1. Memberikan teladan yang baik

Memberikan contoh keteladanan merupakan metode yang terbukti paling berhasil dalam membangun dan membentuk etos sosial, moral dan spiritual anak. Orang tua merupakan sosok yang menjadi guru pertama bagi anak mereka. segala tindak tanduk orang tua akan diamati dan ditiru oleh anak.

2. Memberikan pengarahan kepada anak di waktu yang tepat

Agar nasihat dan pengarahan yang diberikan orang tua dapat memberikan pengaruh yang signifikan maka pemilihan waktu yang tepat sangat penting. Perhatikan dengan benar waktu serta tempat untuk mengarahkan anak, membangun pola pikir dan perilaku anak serta menumbuhkan akhlak yang baik.

3. Bersikap adil

Bersikap adil merupakan konsep dasar mendidik anak yang wajib dilakukan secara konsisten oleh orang tua. Anak acapkali merasa orang tua lebih sayang kepada saudara mereka. Perasaan ini jika dibiarkan dan tidak direndam bisa mengakibatkan iri dan dengki antar saudara.

4. Menunaikan hak anak

Anak memiliki hak yang harus diberikan oleh orang tua. Hak tersebut antara lain hak untuk mendapat perlindungan, hak untuk bisa berkembang dan tumbuh, hak untuk mendapatkan pendidikan serta hak untuk mendapatkan nafkah dan waris dari orang tua mereka.

5. Doa

Hendaknya orang tua mendoakan anak-anak mereka. Mendoakan anak adalah hadiah terbaik untuk anak. Berdoalah di waktu yang mustajab sehingga dikabulkan oleh Allah SWT.

6. Membantu anak dalam mengerjakan ibadah dan berbakti

Mempersiapkan sarana untuk anak dalam menjalankan ibadah dan membantu mereka juga tugas orang tua.

7. Memberikan hukuman

Memberikan hukuman ketika anak melakukan sesuatu yang salah atau melanggar peraturan merupakan metode yang efektif dalam membina dan mendidik anak. Prinsip dasar dalam menghukum anak adalah sebagai solusi terakhir ketika semua metode yang dilakukan tidak berhasil.

Pola mendidik anak sesuai sunnah juga harus memperhatikan pemberian hukuman kepada anak. Berikut ini hal yang perlu diperhatikan saat memberikan hukuman kepada anak:

  1. Jangan sampai merendahkan derajat dan martabat
  2. Jangan sampai menyakiti anak
  3. Harus memberikan kesan emosional
  4. Tidak menyakiti secara fisik
  5. Hukuman hendaknya dilakukan dengan tujuan mengubah perilaku yang salah atau tidak baik.
  6. Diikuti dengan memberikan permintaan maaf dan disertai dengan harapan dan kepercayaan agar si anak tidak mengulangi kesalahan.


Simak Video "Hotman Paris Cari Anak Awak KRI Nanggala, Ingin Bantu Pendidikan"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia