Sumayyah, Wanita Pertama yang Mati Syahid di Tangan Abu Jahal

Kristina - detikEdu
Selasa, 25 Mei 2021 16:30 WIB
Arab woman with veil against orange yellow sky
Foto: Getty Images/iStockphoto/vanbeets/Sumayyah, Wanita Pertama yang Mati Syahid di Tangan Abu Jahal.
Jakarta - Kisah Sumayyah binti Khayyat merupakan bukti nyata perjuangan orang Muslim dalam membela agama Allah. Ia merupakan wanita pertama yang dinyatakan mati syahid pada zaman Rasulullah.

Jaminan orang-orang yang gugur di jalan Allah adalah surga. Sebagaimana dijelaskan dalam surat An Nisa ayat 74 berikut ini:

۞ فَلْيُقَاتِلْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ الَّذِيْنَ يَشْرُوْنَ الْحَيٰوةَ الدُّنْيَا بِالْاٰخِرَةِ ۗ وَمَنْ يُّقَاتِلْ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ فَيُقْتَلْ اَوْ يَغْلِبْ فَسَوْفَ نُؤْتِيْهِ اَجْرًا عَظِيْمًا

Arab-latin: falyuqātil fī sabīlillāhillażīna yasyrụnal-ḥayātad-dun-yā bil-ākhirah, wa may yuqātil fī sabīlillāhi fa yuqtal au yaglib fa saufa nu`tīhi ajran 'aẓīmā

Artinya: "Karena itu, hendaklah orang-orang yang menjual kehidupan dunia untuk (kehidupan) akhirat berperang di jalan Allah. Dan barangsiapa berperang di jalan Allah, lalu gugur atau memperoleh kemenangan maka akan Kami berikan pahala yang besar kepadanya." (Q.S An-Nisa: 74)

Sumayyah adalah salah satu dari 30 orang yang dijamin masuk surga sebagaimana ditulis Dr Mushthafa Murad dalam bukunya '30 Orang Yang Dijamin Masuk Surga' yang diterjemahkan Ustadz Abdul Somad.

Diceritakan, Sumayyah binti Khayyat merupakan budak Abu Hudzaifah. Ia menikah dengan laki-laki yang bernama Yasir. Mereka memiliki putra bernama Ammar yang merupakan anak sholeh yang memperjuangkan agama Allah.

Pada suatu ketika, begitu datang Nabi Muhammad SAW membawa agama Allah SWT, Ammar bin Yasir lalu memeluk agama Islam. "Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan selain Allah, dan aku bersaksi bahwasanya Muhammad adalah utusan Allah," kata Ammar.

Ammar lalu mengajak serta ibu dan ayahnya untuk memeluk agama Islam. Hingga akhirnya keluarga kecil itu menjadi pengikut Nabi Muhammad SAW. Kabar keislaman keluarga Yasir ini didengar Bani Makhzum. Mereka murka karena merasa dikhianati dan bersumpah membunuh keluarga Yasir, kecuali kembali menyembah berhala.

Mulailah Bani Makhzum menghujani keluarga Yasir dengan berbagai siksaan. Mulai dari dipanggang di bawah terik matahari di tengah-tengah gurun tanpa diberikan air sedikitpun hingga dicambuk berkali-kali. Siksaan tersebut dilakukan berulang kali setiap harinya.

Suatu ketika Rasulullah SAW melewati mereka yang tengah disiksa. Ia merasa iba namun tidak memiliki kekuatan untuk menolong keluarga tersebut. "Bersabarlah, wahai keluarga Yasir, sesungguhnya tempat kembali kalian adalah surga!" sabda Rasulullah SAW yang akhirnya membuat hati keluarga Yasir merasa tenang.

Pada suatu ketika Abu Jahal lewat dihadapan Sumayyah yang tengah disiksa. Abu Jahal menghardiknya dengan bermacam kata-kata kotor dan buruk. Namun, Sumayyah tak goyah dan tetap teguh memegang agama Allah.

Sumayyah akhirnya disiksa dengan begitu kejam. Ia terus menyebut Tuhan Yang Maha Esa. Hingga amarah Abu Jahal memuncak lalu dibunuhlah Sumayyah. Namanya tercatat sebagai wanita pertama yang mati syahid di jalan Allah.

Sementara itu, Yasir juga merasakan hal demikian. Ia meninggal di atas kobaran api. Sebelum dinyatakan mati syahid Yasir sempat mengucapkan, tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah." Yasir tercatat sebagai laki-laki pertama yang mati syahid dalam membela agama Islam.

Simak Video "Eks Napiter Sofyan Tsauri Soal Zakiah Aini: Mencari Kesyahidan "
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia