Mengintip Kampung Belanda di Garut, Nuansa Sejuk dan Klasik ala 1930-an

Novia Aisyah - detikEdu
Minggu, 23 Mei 2021 10:03 WIB
Kampung peninggalan Belanda di Garut
Foto: Hakim Ghani/Mengintip Kampung Belanda di Garut, Nuansa Sejuk dan Klasik ala 1930-an
Jakarta - Sudah pernah ke Kampung Belanda di Garut? Kalau belum pernah, bolehlah kapan-kapan meluangkan waktu untuk pergi ke sana.

Kampung ini terkenal dengan nama Kampung Amsterdam. Dengan berbagai peninggalan Belanda, termasuk rumah penduduknya, kampung tersebut kini menjadi sebuah kampung wisata.

Jika pergi ke sana, kamu dapat menikmati sejuknya udara pedesaan Garut dan suasana historis yang unik. Suasana historis ini tidak lain karena berbagai peninggalan kehidupan Belanda yang masih ada di sana.

Kampung Amsterdam berlokasi di kecamatan Cilawu. Kampung yang hanya dihuni sekitar 12 rumah ini terletak di kaki gunung Cikuray. Tak heran jika kampung ini punya udara begitu sejuk.

Ketika datang ke sana, kamu akan terpukau dengan rumah-rumah Belanda yang dihuni penduduk-penduduk Kampung Amsterdam tersebut. Jika ditelusuri secara kasar, rumah-rumah yang dihuni penduduk setempat berusia sangat tua, dibangun sekitar tahun 1930-an.

Ala bangunan rumah zaman dahulu, rumah-rumah tersebut terbuat dari kombinasi antara anyaman kayu dan tembok. Sebagian penduduk di sana menambahkan pula berbagai tanaman di depan rumah mereka.

Tak hanya rumah-rumah kuno, Kampung Belanda di Garut ini juga masih menyimpan bukti otentik peninggalan Belanda berupa saluran air raksasa. Saluran air tersebut memiliki panjang hingga 300 meter.

Uniknya, sampai sekarang pun saluran air tersebut masih digunakan sebagai media mengairi kebun serta untuk memasok air ke rumah warga. Namun sayangnya, ada bagian-bagian yang agak rusak karena puting beliung yang pernah terjadi.

Sejak dikelola pertama kali pada 2016 lalu, pengelola Kampung Amsterdam menyediakan area beristirahat untuk wisatawan di area perkebunan teh kampung tersebut.

Di area perkebunan ini dibangun saung pohon dan saung yang menyerupai perahu di film Titanic. Dan tak hanya itu saja, di Kampung Amsterdam juga ada kambing yang dipelihara warga dan disebut kambing bule oleh warga setempat.

Untuk dapat menikmati kesejukan dan pesona klasik Kampung Belanda di Garut ini, kamu cukup berkendara sejauh 19 kilometer dari pusat kota Garut.

Simak Video "Cegah Narkoba, Kampung Tangguh Didirikan di Kampung Ambon"
[Gambas:Video 20detik]
(row/row)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia