Cara Mengubah PDF ke Word untuk Tugas Sekolah Secara Online dengan Mudah

Novia Aisyah - detikEdu
Rabu, 12 Mei 2021 10:00 WIB
Word ke PDF
Foto: Screenshot
Jakarta - Mengubah PDF ke Word bisa dilakukan dengan cara yang sangat simpel, yaitu menggunakan situs konversi online.

Jika kamu sering mengubah format PDF menjadi Word dikarenakan pekerjaan, tugas sekolah, dan sebagainya, maka kamu perlu mengetahui apa saja situs online yang dapat mempermudah pekerjaan tersebut.

Pada dasarnya, kita memerlukan aplikasi mengubah format yang tak hanya mudah, tapi juga tetap bisa diedit.

Sayang-sayang bukan, kalau sudah sulit-sulit menemukan pengubah format, tapi ternyata dokumen yang diunduh tidak bisa diedit atau diotak-atik.

Karena itu, detik telah merangkum beberapa situs pengubah format PDF ke Word secara online dan tentu saja dokumennya tetap bisa diedit. Ini dia daftar situs tersebut!

1. ilovepdf.com

Situs ilovepdf.com tak hanya menyediakan fitur untuk mengubah PDF ke Word saja, tapi juga ada sekitar 21 fitur lain untuk PDF.

Untuk menggunakannya, detikers tinggal memilih dokumen yang akan diubah ke Word dan mengunduhnya ketika proses konversi telah selesai.

2. freepdfconvert.com

Sama seerti ilovepdf, freepdfconvert juga menyediakan puluhan fitur untuk mengotak-atik dokumen PDF.

Dalam situs ini, fitur konversi yang tersedia tidak hanya mengubah PDF ke Word dan sebaliknya, tapi ada juga berbagai fitur konversi lain. Beberapa contoh di antaranya adalah pengubah PDF ke Excel, PDF ke JPG, PDF ke Powerpoint, dan sebagainya.

3. sodapdf.com

Secara tampilan beranda, sodapdf mempunyai penampakan yang lebih ringkas. Ketika memasuki situs ini, detikers akan langsung dihadapkan pada fitur untuk mengubah PDF ke Word.

Situs ini sendiri mengklaim bahwa ketika mengubah dokumen dari PDF ke Word, tata letak dokumen akan tetap diperhatikan sebagaimana dokumen aslinya.

4. pdfwordconvert.com

Situs rekomendasi terakhir adalah pdfwordconvert. Situs ini menyediakan pula beberapa fitur lain selain mengubah PDF ke Word. Beberapa di antaranya adalah konversi PDF ke JPG serta kompres gambar.

Seperti sodapdf, situs pdfwordconvert juga mengklaim bahwa dokumen yang dikonversikan akan tetap memiliki tata letak sebagaimana awalnya. Selain itu, situs ini juga secara otomatis menghapus semua dokumen yang diunggah dalam waktu 1 jam.

5. smallpdf

Selain beberapa cara di atas, kamu juga bisa mengunjungi www.smallpdf.com. Untuk mengubah dokumen Word menjadi PDF, pilih opsi "Word to PDF" yang berwarna hijau muda. Untuk mengubah dokumen PDF menjadi Word kalian bisa mengkliuk opsi "PDF to Word" yang ada di bawahnya.

Lalu klik Choose File untuk memilih dokumen mana yang ingin kalian ubah. Selain mengambil dokumen offline yang ada di smartphone kalian juga bisa mengambil dokumen dari Dropbox atau Google Drive.

Itu dia beberapa cara mengubah PDF ke Word menggunakan situs online. Selamat mencoba!



Simak Video "20 Mahasiswa Lulusan Kampus China di Boyolali Wisuda Online"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia