Teks Berita: Pengertian, Ciri-ciri, dan Struktur Teks Berita

Kristina - detikEdu
Minggu, 09 Mei 2021 14:30 WIB
Pekerja memotret kertas koran dari tahun 50an hingga 2000 awal untuk dialih digitalkan di Monumen Pers, Solo, Jawa Tengah, Selasa (24/11). Setiap harinya mereka mampu mneyelesaikan sekitar 80 koran cetak atau sekitar 700 an lembar untuk digunakan sebagai dokumentasi alih media serta edukasi.
Teks Berita: Pengertian, Ciri-ciri, dan Struktur Teks Berita (Foto: Agung Mardika/detikcom )
Jakarta - Berita adalah salah satu produk jurnalistik yang mudah ditemui di berbagai media, baik online, cetak, maupun televisi. Berita berisikan laporan atas kejadian atau peristiwa yang sedang dan telah terjadi.

Dikutip dari laman Rumah Belajar Kemdikbud, teks berita adalah teks yang melaporkan kejadian, peristiwa, atau informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi. Penyampaian informasi dapat dilakukan melalui berbagai media.

Dalam teks berita, infromasi yang disampakan merupakan peristiwa aktual, penting, dan menarik untuk diketahui publik. Maka dari itu, berita harus dimulai dengan fakta.

Ada lima jenis teks berita yang lazim ditemui di berbagai media. Di antaranya straight news (berita langsung), depth news (berita mendalam), opinion news (berita opini), interpretative news (berita interpretatif), investigation news (berita investigai).

Ciri-ciri dan kaidah kebahasaan

Dikutip dari buku Teks dalam Kajian Struktur dan Kebahasaan oleh Taufiqur Rahman berikut ciri dan kaidah kebahasaan yang digunakan dalam teks berita,

1. Menyampaikan informasi aktual dan bersifat umum

2. Berdasar pada fakta

3. Menggunakan bahasa baku

4. Fokus pada peristiwa yang terjadi

5. Menggunakan verba pewarta yang berisi kalimat pemberitahuan informasi. Verba pewarta merupakan kata yang menunjukkan percakapan contohnya memaparkan, mengatakan.

6. Menggunakan verba transitif

7. Menggunakan kalimat langsung dan tidak langsung

8. Terdapat penjelasan waktu dan tempat berlangsungnya persitiwa

Struktur teks berita

Masih dalam buku yang sama, Taufiqur Rahman menjelaskan teks berita memiliki tiga struktur yaitu judul, teras, dan tubuh.

1. Judul (headline)
Judul merupakan kata kunci yang mewakili keseluruhan isi berita. Dalam teks berita, judul biasanya memuat tentang kejadian yang akan dibahas. Judul yang menarik akan memungkinkan pembaca tertarik terhadap berita yang disampaikan.

2. Teras (lead)
Teras berita atau lead adalah bagian yang penting dalam berita. Lead terletak pada paragraf pertama dalam teks berita. Lead mencakup inti dari keseluruhan isi berita. Lead juga menjadi salah satu penentu bagi pembaca untuk melihat isi berita lebih lanjut.

3. Tubuh (body)
Bagian ini merupakan inti dari teks berita. Tubuh berita merupakan kelanjutan dari isi berita. Berita akan dibahas lebih rinci secara keseluruhan pada bagian ini.

Idealnya satu teks berita terdiri dari unsur 5W+1 H (who, what, where, why, when, dan how). (pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia