Inspirasi Sahabat Nabi

Kisah Sahabat Nabi Sa'ad bin Abi Waqqash, Pemanah yang Teguh Pendiriannya

Rahma I Harbani - detikEdu
Jumat, 30 Apr 2021 03:30 WIB
Inspirasi Sahabat Nabi
Foto: Ilustrasi: MIndra Purnomo/Kisah Sahabat Nabi Sa'ad bin Abi Waqqash, Pemanah yang Teguh Pendiriannya
Jakarta - Sa'ad bin Abi Waqqash adalah seorang pemuda Mekkah dan termasuk dalam 10 sahabat nabi yang dijamin masuk surga. Ia bernama lengkap Sa'ad bin Abi Waqqash bin Ubhaib bin 'Abdi Manaf.

Ia dilahirkan di Kota Mekkah pada tahun 595 M. Sa'ad merupakan keturunan dari Bani Zuhrah tepatnya suku Quraisy dan orang tuanya sangat dihormati oleh kaumnya tersebut.

Melalui garis silisilah keturunan Sa'ad bin Abi Waqqash, diketahui bahwa nasabnya (keturunannya) bertemu dengan Rasulullah pada 'Abdul Manaf. Ia juga merupakan paman Rasulullah SAW dari pihak ibu, Aminah binti Wahhab.

Setelah masuk Islam, Sa'ad menjadi salah satu sahabat nabi yang tidak gentar dalam membela agama Allah. Tidak pernah ragu sedikit pun dengan kebenaran yang diterimanya, sekalipun ibunya sendiri yang menentangnya.

Dikumpulkan dari berbagai sumber, Hamnah, ibu Sa'ad, sangat marah kala mengetahui putranya memeluk Islam. Bahkan, Hamnah mengancam Sa'ad untuk mogok makan selama beberapa hari jika Sa'ad tidak melepas agamanya tersebut.

Hamnah terus meminta Sa'ad untuk melepas Islam dan memintanya kembali memeluk ajaran nenek moyang mereka.

Hal itu tidak membuat Sa'ad bin Abi Waqqash gentar. Ia tetap memilih beriman kepada Allah dan Rasul-Nya sekaligus berbakti pada kedua orang tuanya. Melihat keteguhan Sa'ad tersebut, akhirnya sang ibu pun luluh kemudian mengizinkannya untuk memeluk agama Islam.

Semasa perang berlangsung, Sa'ad bin Abi Waqqash tidak pernah mengeluh terhadap situasi yang tengah dihadapinya. Rasa bertanggung jawab Sa'ad dalam membela agama Islam pun terlihat pada Perang Qadisiyah, salah satu peperangan terbesar umat Islam.

Saat itu, Sa'ad dipercaya oleh Umar bin Khattab untuk memimpin pasukan muslim dalam penaklukan Perang Qadisiyah di Persia. Namun, diketahui Sa'ad dalam kondisi sakit hingga hampir seluruh tubunya dipenuhi bisul-bisul yang menyakitkan.

Rasa sakit yang dideranya tidak cukup kuat untuk mengalahkan ambisinya dalam membela agama Islam. Meskipun banyak menelan korban jiwa dalam perang tersebut, namun pasukan yang dipimpin Sa'ad tersebut berhasil meraih kemenangan.

Tentu saja hal ini membuat Sa'ad bin Abi Waqqash menjadi salah satu sahabat yang dicintai Rasul. Bukti besar kecintaan Rasulullah kepada Sa'ad bin Abi Waqqash adalah sebagai berikut.

Sa'ad dikenal sebagai orang yang ahli memanah dan orang yang selalu dikabulkan doanya. Hal tersebut dapat terjadi karena doa dari Rasulullah SAW kepada Sa'ad.

Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bupati Purwakarta Wajibkan ASN Tadarus Al-Qur'an Sebelum Kerja"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia