9 Wali di Tanah Jawa

Kisah Wali Songo Sunan Gunung Jati, Sukses Menyebarkan Islam di Tanah Sunda

Kristina - detikEdu
Rabu, 28 Apr 2021 15:45 WIB
Wali Songo
Foto: Ilustrasi: Kharisma/Kisah Wali Songo Sunan Gunung Jati, Sukses Menyebarkan Islam di Tanah Sunda
Jakarta - Sunan Gunung Jati merupakan wali yang menyebarkan agama Islam di Tanah Sunda. Keberhasilan dakwahnya tak lepas dari strategi politik dan pendekatan tradisi yang dilakukan.

Sunan Gunung Jati adalah keturunan Sultan Syarif Abdullah atau Syekh Maulana Akbar yang menikah dengan putri Prabu Siliwangi, Nyai Rara Santang. Lahir dari kalangan bangsawan membuat Sunan Gunung Jati mudah mengemban misi penyebaran agama Islam atas restu ibunya.

Seperti dituliskan dalam Naskah Mertasinga, wali yang dikenal dengan nama Syarif Hidayatullah ini mendalami ilmu agama melalui guru-gurunya. Ia sempat belajar di Mekah dan berguru kepada Syekh Najmudin Kubra.

Selain itu dia juga berguru kepada Syekh Muhamad Athaillah, Syekh Sidiq, Syekh Benthong, Datuk Bahrul, dan Sunan Ampel.

Dikutip dari Digilib UIN Sunan Gunung Djati, kesuksesan dakwah yang dilakukan Sunan Gunung Jati ditandai dengan tumbuh suburnya penganut Islam di wilayah Tanah Sunda. Hingga saat ini sekitar 90% penduduk pulau Jawa bagian barat telah memeluk Islam.

Proses islamisasi yang dilakukan Sunan Gunung Jati menggunakan pendekatan tradisi. Melalui berbagai adat istiadat dan budaya yang berkembang di masyarakat, Sunan Gunung Jati berhasil memasukkan unsur-unsur Islam di dalamnya.

Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Petilasan Tempat Berwudhu Sunan Gunung Jati Cirebon"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia