Kisah 25 Nabi

Kisah Nabi Muhammad SAW, Keluarkan Air dari Sela Jari hingga Membelah Bulan

Kristina - detikEdu
Selasa, 27 Apr 2021 03:30 WIB
Kisah nabi
Foto: Ilustrasi: Mindra Purnomo/Kisah Nabi Muhammad SAW, Keluarkan Air dari Sela Jari hingga Membelah Bulan
Jakarta -

Nabi Muhammad SAW adalah utusan Allah SWT sebagai penutup para nabi atau disebut Khatamul Anbiya. Ia diutus untuk membawa kabar gembira dan peringatan kepada umatnya melalui kitab suci Al Quran.

Allah SWT berfirman dalam Q.S Al-Furqon ayat 56:

وَمَآ أَرْسَلْنَٰكَ إِلَّا مُبَشِّرًا وَنَذِيرًا

Artinya: "Dan tidaklah Kami mengutus kamu (Muhammad) melainkan hanya sebagai pembawa kabar gembira dan pemberi peringatan."

Nabi Muhammad SAW merupakan putra Abdullah bin Abdul Muthalib dan Aminah bin Wahab. Ia lahir di Kota Mekkah pada tanggal 12 Rabiul Awal tahun Gajah atau 570 Masehi.

Dikutip dari Sirah Nabawiyah karangan Abul Hasan al-Ali Hasani an-Nadwi, kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan kelahiran yang mulia yang menjadi tanda kebangkitan agung. Inilah yang kemudian menjadi cikal bakal lahirnya umat Islam.

Sejak berada dalam kandungan, kehidupan yang dialami Rasulullah SAW penuh keprihatinan. Saat ia masih dalam kandungan ibunya, ayahnya meninggal dunia. Hingga ia terlahir sebagai anak Yatim.

Setelah lahir sebagaimana tradisi orang Arab jaman dahulu, ia diasuh oleh ibu susunya, Halimah Sadi'ah.

Saat berusia 5 tahun ia kembali ke pangkuan ibunya. Namun tak lama setelah itu, ibunya wafat. Hingga ia harus diasuh oleh kakeknya, Abdul Muthalib. Begitu kakeknya wafat, ia diasuh oleh pamannya, Abu Thalib.

Semasa remaja, Rasulullah SAW giat membantu pamannya dalam berdagang ke negeri Syam. Hingga akhirnya ia berjumpa dengan Khadijah, saudagar yang kemudian menjadi istrinya dan menemani Nabi Muhammad SAW dalam menerima wahyu kenabian dari Allah SWT.

Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia