Bunyi Hukum Penawaran dan Faktor yang Mempengaruhi

Faqihah M Itsnaini - detikEdu
Minggu, 25 Apr 2021 08:00 WIB
Penjual busana muslim di Pasar Kliwon Kabupaten Kudus
Foto: Dian Untoro Aji/Bunyi Hukum Penawaran dan Faktor yang Mempengaruhi
Jakarta -

Saat pergi ke pasar, kita melihat adanya penawaran dan permintaan dalam transaksi ekonomi. Penjual akan selalu memberikan penawaran agar konsumen mau membeli produk.

Dalam ekonomi, terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu, lalu membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan jumlah barang.

Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga, dan kuantitas yang saling memengaruhi satu sama lain.

Apa pengertian, bunyi hukum penawaran, dan faktor yang mempengaruhi penawaran? Simak penjelasannya di sini.

Pengertian Penawaran

Penawaran adalah sejumlah barang atau jasa yang ditawarkan oleh penjual selaku produsen kepada pembeli selaku konsumen. Barang atau jasa ini dijual dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat sosial.

Dalam arti ekonomi, penawaran adalah banyaknya barang yang ditawarkan oleh penjual pada pasar, periode, dan tingkat tertentu.

Permintaan dan penawaran adalah satu paket. Jika permintaan dilakukan oleh pembeli, maka penawaran datang dari pihak penjual.

Masing-masing pihak mendapatkan keuntungan tersendiri. Pembeli mengeluarkan uang untuk bisa memenuhi barang kebutuhannya. Sementara penjual juga mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan.

Bunyi Hukum Penawaran

Hukum Penawaran Berbunyi:

"Bila tingkat harga naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan naik. Bila tingkat harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan akan turun"

Dalam hukum penawaran, semakin tinggi harga, semakin banyak pula jumlah barang yang ditawarkan.

Sebaliknya, semakin rendah harga barang, jumlah yang ditawarkan juga akan semakin sedikit.

Hal ini terjadi karena ketika harga sedang tinggi-tingginya, tentu penjual ingin mendapat keuntungan yang lebih banyak. Akhirnya, penjual ingin menjual lebih banyak barang agar keuntungannya berlipat.

Sebaliknya, saat harga barang turun, maka penjual seolah tidak se-ambisius sebelumnya.

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penawaran

Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penawaran di pasar, yaitu:

1. Harga Barang Itu Sendiri

Jika harga barang semakin tinggi, tentu jumlah penawaran juga akan tinggi. Harga tinggi membuat produsen berambisi untuk memperbanyak produksi barang, sehingga dapat menjual lebih banyak barang.

Sedangkan semakin rendah harga barang, maka produsen akan semakin sedikit memproduksinya.

Contohnya, jika harga 1 kaos adalah Rp 30.000, penjual akan menawarkan 300 ribu unit kaos. Jika harga berubah menjadi Rp 35.000, penjual akan bersedia menawarkan 500 ribu unit kaos dengan harapan semakin banyak keuntungan.

2. Biaya Faktor Produksi

Saat biaya produksi suatu barang turun, produsen akan semakin besar melakukan penawaran. Sedangkan jika biaya produksi barang sangat tinggi, maka produsen hanya membuat beberapa jenis saja dari produk tersebut. Contohnya adalah produk limited edition

3. Tingkat Teknologi

Saat proses produksi, pasti menggunakan teknologi untuk pengerjaannya. Semakin maju teknologi, tentu bisa mengefisienkan waktu dan meningkatkan produktivitas barang.

Alhasil, jumlah barang akan semakin besar. Efisiensi ini akan membuat biaya produksi lebih rendah, sehingga barang yang ditawarkan akan bertambah.

Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia