Arti Reshuffle Kabinet 2021 yang Tengah Ramai Dibicarakan

Puti Yasmin - detikEdu
Kamis, 15 Apr 2021 14:47 WIB
bisa jadi foto ilustrasi
Foto: Istana Merdeka, Jakarta (Danu Damarjati/detikcom)/Arti Reshuffle Kabinet 2021 yang Tengah Ramai Dibicarakan
Jakarta - Reshuffle kabinet 2021 tengah menjadi pembicaraan hangat. Bahkan, disebut-sebut ada dua menteri di Kabinet Joko Widodo (Jokowi) yang sudah dikaji untuk masuk dalam reshuffle.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPP PKB Faisol Riza. Menurutnya, dua menteri tersebut sudah lama dikaji kinerjanya untuk di-reshuffle dan ada dua pos kementerian lagi yang juga akan terkena dampaknya.

"Masih ada dua pos, masih dalam kajian," jelas Faisol saat dihubungi detikcom, Rabu (14/4/2021).

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komisi VI DPR RI ini menjelaskan bahwa dua kementerian yang tengah dikaji untuk masuk daftar reshuffle 2021 di luar Kemendikbud dan Kementerian Investasi. Adapun, kementerian yang dimaksud sebelumnya pernah dikaji pada reshuffle 2020.

"Di luar Investasi dan Kemendikbudristek. Pos yang sempat juga dikaji pada reshuffle sebelumnya," sambung dia.

Tenaga Ahli Utama KSP Ali Mochtar Ngabalin menyebut Jokowi dalam waktu dekat ini akan melantik dua menteri tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan Ngabalin di akun Twitter seperti dilihat pada Rabu (14/4). Namun Ngabalin tidak mengetahui pasti apakah ada menteri baru lain yang juga akan dilantik.

"Presiden insyaallah akan melantik menteri baru (1) Menteri Dikbud/Ristek (2) Menteri Investasi/Kepala BKPM. Adakah menteri-menteri lain yang akan dilantik, kapan & siapa para beliau itu? Wallahu'alam bisshowaab itu hak prerogatif Presiden & kita tunggu saja. #KabinetIndonesiaMaju," tulis Ngabalin.

Namun, masih banyak masyarakat yang bingung mengenai arti reshuffle. Reshuffle artinya apa sih?

Dilansir situs Cambridge Dictionary, reshuffle adalah perombakan. Kalimat ini merupakan kalimat yang diambil dari bahasa Inggris sehingga tidak tercantum dalam KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Istilah reshuffle banyak digunakan untuk merujuk pada peristiwa perubahan posisi orang-orang di dalam organisasi atau kelompok. Namun, dalam Situs Merriam Webster istilah ini tak hanya digunakan pada unsur kabinet atau pemerintahan tetapi juga saat menyusun kembali setumpuk kartu.

Adapun, tujuan reshuffle kabinet adalah untuk mencapai tujuan pemerintah yang berkaitan dengan partai atau target tertentu. Dengan adanya reshuffle, tujuan diharapkan bisa tercapai.

Sementara itu, reshuffle kabinet bukan lah hal baru dalam pemerintahan Jokowi. Setidaknya, Jokowi pernah melakukan empat kali reshuffle menteri pada periode kepemimpinan tahun 2014-2019 dan satu kali pada periode 2019-2024.

Reshuffle pertama terjadi pada 12 Agustus 2015. Kemudian, reshuffle kabinet kedua dilakukan pada 27 Juli 2016, reshuffle ketiga Januari 2018 dan keempat pada 15 Agustus 2018. Pada periode kedua, reshuffle terjadi pada 22 Desember 2020.



Simak Video "Ngabalin Yakin Bahlil Lahadalia Jadi Menteri Investasi!"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia