Ingat! Ini Pencegahan COVID-19 yang Wajib Dijalankan Setiap Saat

Lusiana Mustinda - detikEdu
Selasa, 06 Apr 2021 15:39 WIB
Masker COVID-19
Foto: iStock
Jakarta - Pencegahan COVID-19 agar tak menyerang diri kita dan orang lain tentu perlu langkah pencegahan. Meskipun program vaksinasi sudah mulai dilakukan pemerintah, namun menjalankan protokol kesehatan dengan ketat wajib hukumnya.

Untuk mencegah bertambahnya kasus baru dan angka kematian, ada beberapa cara untuk pencegahan virus corona. Salah satunya adalah dengan mencuci tangan sesering mungkin dengan sabun atau antiseptik berbasis alkohol dan mengenakan masker jika jaga jarak tak memungkinkan.

Berikut beberapa cara pencegahan COVID-19 yang perlu dilakukan setiap hari:

1. Memakai masker

Masker tak boleh ketinggalan, karena berfungsi sebagai alat pelindung diri dari penyebaran virus corona.

Jangan asal membeli masker. Pastikan mengecek izin edar dari Kemenkes. Hingga saat ini sudah ada 966 industri masker medis yang sudah memiliki nomor izin edar dari Kemenkes.

Untuk mengecek nomor izin edar masker, masyarakat bisa mengakses lama infoalkes.kemkes.go.id. Klik ikon pencarian di sebelah kanan, pilih kategori pencarian dan masukkan kata kunci.

2. Rajin mencuci tangan

Cara mencegah virus corona yang satu ini juga tak kalah penting. Di beberapa kasus penularan virus corona, diprediksi terjadi saat tangan menyentuh permukaan yang telah terkontaminasi. Setelah tangan menyentuh permukaan tersebut, virus corona bisa berpindah dari tangan ke hidung atau mulut. Hal ini bisa menjadi salah satu cara penularan virus corona.

3. Jaga jarak

Cara mencegah virus Corona lainnya adalah dengan menerapkan social distancing atau jaga jarak dengan orang lain, setidaknya satu meter. Kenapa dengan jaga jarak?

Ini karena saat seseorang yang terpapar COVID-19 batuk atau bersin, mereka akan mengeluarkan droplet dari hidung maupun mulut yang mengandung virus Corona. Jika jarak antara kamu dengan pasien dekat, bisa jadi virus itu berpindah dan menularkannya.

4. Konsumsi makanan bergizi

Agar terhindar dari paparan virus corona, kita harus tetap menjaga pola makan. Mengonsumsi makanan bergizi bisa membantu tingkatkan imunitas tubuh sehingga tak mudah sakit.

Pencegahan virus COVID-19 ini sangatlah penting. Bahkan, Google doodle menampilkan huruf dengan masker dan menjaga jarak. Dengan pesan, masker penting, gunakan masker dan lindungi diri.



Simak Video "Penampakan Antrean Ambulans Pembawa Pasien Corona di India"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia