5 Hal yang Dapat Diteladani dari Bung Hatta, Proklamator RI

Anastasia Anjani - detikEdu
Jumat, 02 Apr 2021 16:00 WIB
Pada tanggal 14 Maret 1980 terjadi hal yang menyedihkan seluruh bangsa: Proklamator Republik Indonesia Bung Hatta meninggal dunia setelah beberapa hari mengindap sakit tua.
Foto: Hasan Alhabsy/detikcom
Jakarta -

Bung Hatta sudah tidak asing dari telinga kita. Bung Hatta adalah wakil presiden Indonesia pertama dan tokoh proklamator Indonesia bersama dengan Ir. Soekarno.

Bung Hatta memiliki nama lengkap Mohammad Hatta, lahir di Bukittinggi, 12 Agustus 1902. Bung Hatta adalah anak dari Mohammad Djamil dan Siti Saleha.

Berikut adalah yang dapat diteladani dari Bung Hatta dari masa ke masa yang dikutip dari situs Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan:

1. Dekat dengan Para Pedagang Sejak Masih Pelajar

Pendidikan Bung Hatta dimulai dari pendidikan formal di sekolah swasta. Bung Hatta kemudian pindah ke sekolah rakyat dan sekelas dengan kakaknya yaitu Rafiah.

Bung Hatta berpindah sekolah lagi ke ELS Padang (saat ini menjadi SMAN 1 Padang) sampai tahun 1913, dan melanjutkan ke MULO pada tahun 1917.

Bung Hatta juga dibekali ilmu agama sejak kecil oleh keluarganya. Keluarga Bung Hatta adalah keluarga pedagang.

Hal tersebut yang membuat dirinya tertarik pada perekonomian. Di Padang, Bung Hatta akrab dengan para pedagang yang tergabung dalam Serikat Usaha dan Bung Hatta juga aktif dalam Jong Sumatranen Bond sebagai bendahara. Kemudian Bung Hatta bersekolah di Prins Hendrik School. Bung Hatta juga melanjutkan kariernya sebagai bendahara di Jakarta.

2. Aktif Mengikuti Organisasi Kemahasiswaan Luar Negeri

Ketertarikannya dalam bidang politik terlihat saat dirinya bersekolah di Belanda tahun 1921-1932. Bung Hatta bersekolah di Handels Hogenschool (sekarang menjadi Universitas Erasmus Rotterdam). Selama bersekolah di sana Bung Hatta tergabung dalam perkumpulan pelajar Tanah Air di Belanda, yaitu Indische Vereeniging.

Bung Hatta kemudian memimpin delegasi Kongres Demokrasi Internasional untuk acara perdamaian di Prancis. Dari delegasi tersebut Bung Hatta berkenalan dengan tokoh-tokoh penting umumnya pemimpin pergerakan buruh.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Polda Metro Tetapkan 4 Tersangka Kasus Mafia Karantina di Bandara Soetta"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia