Quran Surah Al-Luqman Ayat 13 Menjelaskan Tentang Apa?

Lusiana Mustinda - detikEdu
Kamis, 01 Apr 2021 16:42 WIB
Moeslem Woman Reading Al-Quran
Foto: Getty Images/iStockphoto/Poetra Dimatra
Jakarta -

Quran surah Al-Luqman ayat 13 memberikan kita penjelasan tentang mengingatkan kepada anak kita untuk tidak mempersekutukan Allah SWT. Karena mempersekutukan Allah adalah kezaliman yang besar.

Surah Al-Luqman adalah surah ke-31 dalam Al-Qur'an. Surah ini terdiri dari 34 ayat dan termasuk dalam golongan surah Makkiyah.

Nama Luqman diambil dari kisah Luqman yang diceritakan dalam surah ini tentang bagaimana mendidik anaknya.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-Luqman ayat 13 yang berbunyi:

وَاِذْ قَالَ لُقْمٰنُ لِابْنِهٖ وَهُوَ يَعِظُهٗ يٰبُنَيَّ لَا تُشْرِكْ بِاللّٰهِ ۗاِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيْمٌ

Arab-latin: wa iż qāla luqmānu libnihī wa huwa ya'iẓuhụ yā bunayya lā tusyrik billāh, innasy-syirka laẓulmun 'aẓīm

Artinya: "Dan (ingatlah) ketika Lukman berkata kepada anaknya, ketika dia memberi pelajaran kepadanya, "Wahai anakku! Janganlah engkau mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar." (QS. Al-Luqman: 13)

Menurut buku "Studi Al-Qur'an (Teori dan Aplikasinya dalam Penafsiran Ayat Pendidikan" oleh Arham Junaidi Firman memberikan penjelasan menurut Quraish Shihab, asbabulnuzul surah Luqman ayat 13 adalah ketika Rasulullah SAW menyampaikan ayat 82 surah Al-An'am yang mengisahkan penyesalan orang-orang musyrik akibat kemusyrikannya. Kemudian para sahabat merasa kesulitan untuk menghindarkan keimanan dari kezaliman.

Kemudian, Rasulullah membacakan ayat yang baru turun ini yang mengisahkan cara Luqman mengantisipasi putranya agar tidak syirik. Wasiat Luqman kepada anaknya.

Luqman berwasiat agar anaknya menyembah Allah semata dan tidak menyekutukan-Nya dengan siapapun. Kemudian Luqman berkata memperingati si anak, "Sesungguhnyamempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar." Ibnu Abbas meriwayatkan bahwa Nabi bersabda,"Ajarkanlah kepada anak-anak kalian pada permulaan bicaranya ucapan Lailaha illallah dan ajarilah ia agar di akhir hayatnya mengucapkan lailaha illallah."

Itulah makna dari surah Al-Luqman ayat 13 yang perlu kita ketahui dan amalkan kepada anak-anak kita.



Simak Video "Islam, Ilmu Hitam, dan Babi Ngepet"
[Gambas:Video 20detik]
(lus/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia