Daftar KIP Kuliah 2023 Belum Tentu Dapat Beasiswa, Ini Kata Ketua SNPMB

Daftar KIP Kuliah 2023 Belum Tentu Dapat Beasiswa, Ini Kata Ketua SNPMB

Novia Aisyah - detikEdu
Selasa, 06 Des 2022 12:30 WIB
Jadwal Pendaftaran KIP Kuliah 2022, Catat Tanggal-tanggalnya
Foto: Dok. KIP Kuliah/Daftar KIP Kuliah 2023 Belum Tentu Dapat Beasiswa, Ini Kata Ketua SNPMB
Jakarta -

Ketua Pelaksana Eksekutif Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Prof Budi P Widyobroto mengatakan, ketentuan KIP Kuliah 2023 berbeda dengan 2022.

Peserta didik pendaftar KIP Kuliah 2023 hanya akan terbebas dari biaya untuk mengikuti Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT). Siswa yang bersangkutan belum tentu akan memperoleh beasiswa.

"Tahun 2023 itu bahwa KIP kuliah untuk pendaftaran itu dikhususkan hanya bebas biaya atau gratis untuk mendaftar SNBT saja," jelas Prof Budi dalam Sosialisasi SNPMB Perguruan Tinggi Negeri 2023 yang disiarkan langsung melalui YouTube UNY Official pada Selasa (6/12/2022).

"Tidak ada kaitannya dia nanti akan dapat beasiswa KIP kuliah," lanjutnya.

Tidak Boleh Menjanjikan kepada Calon Mahasiswa

Prof Budi menegaskan, tidak ada yang boleh menjanjikan kepada calon mahasiswa baru bahwa jika sudah mendaftar KIP Kuliah, maka kuliahnya pasti akan dibiayai oleh negara.

Kendati demikian, menurutnya jika sudah mempunyai KIP Kuliah paling tidak ada kemungkinan bisa melamar beasiswa.

"Paling tidak kalau sudah punya KIP kuliah itu ada kemungkinan nanti melamar beasiswa mungkin bisa," ujarnya.

Sebaliknya, apabila tidak mendaftar KIP Kuliah maka kemungkinan tidak dapat mengusulkan beasiswa KIP Kuliah.

Kepala Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan Dr Rahmawati menambahkan, ada beberapa hal lain yang dipertimbangkan untuk pendaftar akhirnya diterima KIP Kuliah.

"Jadi, ada perhitungan-perhitungan tertentu yang rasanya dari teman-teman di Puslapdik membutuhkan waktu yang lebih lama, sehingga yang kita sepakati adalah ketika melamar KIP Kuliah, terverifikasi sebagai penerima bantuan, untuk saat ini konteks kita adalah menerima bantuan untuk tarif nol Rupiah mendaftar UTBK," urainya.

Rahmawati mengajak untuk bersama-sama memantau laman KIP Kuliah Kemendibudristek maupun Kemenag guna mengetahui lebih lanjut soal seperti apa yang nanti akan menerima beasiswa.

Biaya Pendaftaran SNBT 2023

Sementara itu, untuk biaya pendaftaran mengikuti SNBT 2023 adalah sebesar Rp 200 ribu rupiah. Namun, mekanisme pembayarannya kini masih belum diumumkan.

Prof Budi meyakinkan, cara pembayarannya akan segera diumumkan. "Mohon maaf, ini kita masih berjalan nego-nego dan lain sebagainya. Adik-adik yang mendaftar UTBK itu nanti pembayarannya bagaimana yang di 2023 insyaallah segera," kata dia.

Ketua Pelaksana SNMPB 2023 ini juga mengingatkan, nantinya cara pendaftaran UTBK SNBT 2023 masih sama dengan tahun sebelumnya.

Perlu dicatat kembali, siswa yang telah dinyatakan lulus dalam Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) akan otomatis ditolak SNBT 2023.



Simak Video "Ombudsman Terima Laporan Kasus Kecelakaan Hasya, Ini Proses Selanjutnya"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/faz)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia