Kemenaker Bersama PKB Luncurkan 5.000 Beasiswa Digital untuk Santri

Kemenaker Bersama PKB Luncurkan 5.000 Beasiswa Digital untuk Santri

Anisa Rizky - detikEdu
Senin, 24 Okt 2022 19:29 WIB
PKB Luncurkan 5.000 Beasiswa Digital untuk Santri
Foto: Dokumentasi PKB
Jakarta -

Kementerian Tenaga Kerja RI bersama Partai Kebangkitan Bangsa meluncurkan 5.000 Beasiswa Digital Santri. Acara peluncuran dilakukan langsung oleh Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar bersama Menaker RI Ida Fauziah di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur, Minggu (23/10/2022).

Beasiswa Digital Santri merupakan program pelatihan talenta santri yang terdiri dari 10 bidang, yaitu:

  • Virtual Event Organizer
  • Product Design
  • Fotografi
  • Digital Marketing
  • Videografi
  • Konten Kreator
  • Multimedia
  • Data Sains
  • Web Developer
  • Desain grafis

Santri Sebagai Elemen Penting dalam Pembangunan Bangsa

"Peluang Indonesia menjadi negara maju sangatlah besar, potensi sumber daya manusia (SDM) yang begitu luas dan sumber daya alam yang jumlahnya banyak adalah modal bangsa Indonesia. Santri harus punya peran dalam menjemput peluang ini," ungkap Muhaimin dalam rilis resmi yang diterima detikEdu pada Senin (24/10/2022).

Lebih lanjut ia menuturkan, salah satu peran yang bisa diambil santri yaitu dengan memaksimalkan program-program peningkatan SDM seperti program BLK Komunitas dan beasiswa santri oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) RI.

Selain itu, santri harus memiliki daya saing yang kuat serta mengambil peran dalam memimpin bangsa Indonesia. Menurutnya, ini menjadi ikhtiar agar para santri bisa terus berinovasi, berkreasi, dan beradaptasi. Terlebih, mereka juga merupakan salah satu elemen penting dalam pembangunan bangsa.

Peningkatan Kompetensi Santri dalam Santri Fest 2022

Santri Fest atau Festival Santri 2022 merupakan sebuah program yang diusung oleh Kemnaker RI melalui TalentHub untuk meningkatkan kompetensi santri dalam rangka menyambut tantangan pekerjaan masa depan.

Festival tersebut turut menjadi agenda dalam Hari Santri Nasional 2022 dan diselenggarakan sejak 23 Oktober 2022. Santri Fest 2022 terdiri dari Santri Talks, Kompetisi Inovasi Santri, Pitch Battle, dan Job Fair Santri. Pembagian 5.000 beasiswa menjadi salah satu dari program Santri Fest 2022.

Muhaimin selaku Ketum PKB berharap peningkatan SDM bisa menyentuh seluruh elemen masyarakat, termasuk pesantren. Sebab, peran santri sejak zaman perjuangan memiliki kiprah yang penting.



Simak Video "Ma'ruf Amin Wanti-wanti Santri dan NU Tak Boleh Cari-cari Jabatan"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia