Kemendikbud Siapkan Beasiswa untuk Peserta IOI 2022 Asal RI

Fahri Zulfikar - detikEdu
Jumat, 12 Agu 2022 10:30 WIB
IOI 2022
Foto: YouTube IOI/Kemendikbud Siapkan Beasiswa untuk Peserta IOI 2022 Asal RI
Jakarta -

Indonesia menjadi tengah menjadi tuan rumah ajang International Olympiad in Informatics (IOI). Ajang ini digelar di Yogyakarta mulai 7-15 Agustus 2022.

Olimpiade Informatika tingkat Internasional ini juga wujud dukungan dari pemerintah melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemdikbudristek dalam mendorong serta mengidentifikasi talenta digital anak Indonesia menyongsong Indonesia Emas 2045.

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan bahwa di masa mendatang diperlukan talenta digital yang cerdas, kreatif, dan mampu berkolaborasi dalam semangat kebinekaan global.

"Berkompetisilah dengan sehat untuk menjadi talenta digital yang hebat, dan setelah berkompetisi, bangunlah kolaborasi. Jalin persahabatan lintas negara dan lintas budaya untuk bergotong royong membangun dunia," ucapnya dikutip dari laman resmi Kemdikbud RI, Kamis, (11/8/2022).

Tema IOI 2022 di Yogyakarta

Pada tahun ini, Yogyakarta yang kaya dengan keragaman budaya akan menjadi saksi dari kolaborasi para talenta digital terbaik dunia tingkat sekolah menengah atas.

Para peserta akan saling berkompetisi dalam memperebutkan predikat terbaik dalam bidang informatika di ajang yang telah berlangsung sejak tahun 1989.

Adapun tahun 2022 ini IOI mengusung tema "Digital Energy of Asia". Tak hanya berkompetisi, para kontestan juga akan berkesempatan menyaksikan keindahan dan keramahan wisata, kuliner, dan budaya Indonesia seperti mengunjungi Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Dua Tim Indonesia Ikut Berkompetisi

Terkait persiapan memulai kompetisi IOI yang akan dilaksanakan pada 10 dan 12 Agustus, Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikburistek, Asep Sukmayadi berkesempatan meninjau ruangan serta perangkat yang akan dipergunakan dalam pelaksanaan kompetisi.

"Hingga saat ini, ruangan dan perangkat teknis sudah siap dan akan diperiksa kembali oleh tim teknis IOI. Menjadi tantangan tersendiri, pelaksanaan kompetisi secara hibrida, bahkan belum pernah dilakukan saat pelaksanaan IOI terdahulu," ungkapnya.

Asep juga membeberkan bahwa ada 2 tim Indonesia yang akan berkompetisi di IOI 2022 dan keduanya telah disiapkan dengan baik.

"Kalian (tim Indonesia) adalah anak-anak pilihan. Kalian adalah bagian dari semangat kemerdekaan Indonesia ke-77 sekaligus menandai semangat Indonesia untuk pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat, dan tak ketinggalan berprestasi lebih hebat," papar Asep.

Selanjutnya, persiapan menghadapi IOI 2022 turut diceritakan oleh salah satu kontestan dari tim Indonesia, siswa Kelas XII Sekolah Menengah Atas Kristen 1 (SMAK 1) Badan Pendidikan Kristen Penabur Jakarta, Joseph Oliver Lim.

"Saya menyukai dunia programming, terutama bahasa pemrograman C++. Kami telah mengikuti pelatihan nasional (pelatnas) sejak bulan Desember 2021 di mana kami mengerjakan soal-soal IOI terdahulu dan simulasi kompetisi layaknya IOI sesungguhnya," jelas Joseph.

Kemdikbud Siapkan Beasiswa untuk Peserta IOI

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Kemendikburistek, Suharti, menyampaikan Kemendikbudristek akan menyiapkan apresiasi untuk para peserta tim Indonesia.

Suharti mengatakan bahwa Kemdikbudristek menyiapkan apresiasi berupa Beasiswa Indonesia Maju untuk peserta dari Indonesia yang mengikuti IOI 2022.

"Keseriusan kami tunjukkan lewat pemberian Beasiswa Indonesia Maju, ada yang memilih tujuan pendidikan tinggi lanjutan ke luar negeri," tuturnya.



Simak Video "Syarat Lengkap Beasiswa Chevening untuk Kuliah S2 di Inggris Raya"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/nwy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia