Pemerintah Polandia Tawarkan Beasiswa S2, Ada Tunjangan USD 400

Rika Pangesti - detikEdu
Rabu, 19 Jan 2022 20:30 WIB
Staf Kedutaan Besar Polandia di Indonesia memaparkan beasiswa yang disediakan pemerintah Polandia bagi para pelajar Indonesia
Staf Kedutaan Besar Polandia di Indonesia memaparkan beasiswa yang disediakan pemerintah Polandia bagi para pelajar Indonesia, Kamis (19/1/2022) di kantor Kedutaan Besar Polandia Foto: Rika Pangesti
Jakarta -

Pemerintah Polandia menawarkan beasiswa pasca sarjana Stefan Banach dengan kuota sebanyak 20 untuk pelajar dari Indonesia. Program ini rutin dibuka setiap tahunnya pada bulan April sampai Mei.

Fasilitas yang termasuk dalam program beasiswa ini adalah biaya kuliah pasca sarjana dan tunjangan sebesar USD 400 setiap bulan. Staf bidang politik dan ekonomi Kedutaan Besar Polandia di Indonesia Michal Weglarz, mengatakan biaya tersebut terbilang sangat cukup untuk pelajar membiayai hidupnya di Polandia.

"Dapat dikatakan biaya hidup tersebut sebanding dengan biaya hidup di kota-kota besar di Indonesia," ujar Weglarz dalam acara sosialisasi beasiswa di Kedutaan Besar Polandia, Rabu (19/1/2022).

Beasiswa Stefan Banach ditujukan untuk program studi teknik tingkat pasca sarjana, seperti contohnya teknik sipil, teknik industri, ilmu kehutanan, ilmu pertanian dan lain sebagainya. Sejauh ini, program beasiswa Stefan Banach telah diberikan untuk 120 pelajar dari Indonesia.

Melansir dari situs Pemerintah Polandia, berikut adalah yang termasuk dalam program Beasiswa Stefan Banach:

1. Menawarkan beasiswa untuk program Pasca Sarjana (S2) jurusan Teknik (Engineering), Teknik Informatika (IT), Ilmu Hayati, Pertanian dan bidang-bidang terkait lainnya.

2. Biaya kuliah gratis + uang tunjangan sekitar USD 400 per bulan.

3. Jangka waktu: 3 tahun (dengan tambahan kursus bahasa Polandia) atau 2 tahun (jika belajar dalam bahasa Inggris).

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi situs https://nawa.gov.pl/en/students/foreign-students/the-banach-scholarship-programme.

Selain itu, jika kamu belum menemukan program studi yang kamu inginkan, kamu dapat mengunjungi situs Study Finder di https://go-poland.pl/. Di situs tersebut kamu dapat menemukan daftar jurusan universitas dalam bahasa Inggris dan Polandia.

Setelah menemukan program studi yang kamu inginkan, pelamar beasiswa dapat memilih universitas di Polandia yang memiliki program studi tersebut.

Bagi pelajar-pelajar yang berasal dari luar Polandia dan memilih studi dalam bahasa Polandia, Pemerintah Polandia juga menyediakan kursus bahasa Polandia selama setahun secara gratis di Polandia.

Namun, apabila pelajar tersebut memilih studi dalam Bahasa Inggris, pelajar bisa langsung memulai studinya. Namun, akan lebih baik menjalani kursus Bahasa Polandia terlebih dahulu karena penting digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, di luar program beasiswa, Kedutaan Besar Polandia juga bekerja sama dengan beberapa kampus di Indonesia dengan mengadakan kursus Bahasa Polandia secara gratis, seperti di Universitas Indonesia di Depok, Universitas Atma Jaya di Semanggi dan Universitas Airlangga di Surabaya.

Nah, itulah pembahasan mengenai program beasiswa yang diluncurkan oleh Pemerintah Polandia. Jika detikers berminat, segera kunjungi situs diatas ya.



Simak Video "Ada Beasiswa Pelatihan Guru di Jepang, Ini Syarat dan Fasilitasnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia