7 Beasiswa Dalam Negeri 2022 Jenjang D3 dan S1, Calon Maba Siap-siap!

Trisna Wulandari - detikEdu
Sabtu, 15 Jan 2022 17:01 WIB
A portrait of an Asian college student on campus
Beasiswa dalam negeri jenjang S1 dan D3, daftar yuk! Foto: iStock
Jakarta -

Detikers berencana kuliah tahun ini? Jangan khawatir, ada banyak institusi di Indonesia yang menawarkan bantuan pendidikan dan beasiswa dalam negeri untuk lanjut pendidikan tinggi sampai lulus. Apa saja?

Beasiswa dalam negeri berikut di antaranya sudah membuka pendaftaran sejak awal 2022. Sementara itu, beberapa program beasiswa biasanya mulai membuka pendaftaran mulai Februari-Mei. Sebelum pendaftaran dibuka, cek dulu daftar program beasiswa dalam negeri berikut dan siapkan syaratnya.


Beasiswa
Dalam Negeri

1. Beasiswa Quipper Scholarship Award 2022

Quipper sedang membuka pendaftaran beasiswa Quipper Scholarship Award (QSA) 2022 hingga 18 Maret 2022. Beasiswa Quipper terbagi atas partial scholarship (beasiswa sebagian) hingga full scholarship (beasiswa penuh). Pada 2021, beasiswa ini disalurkan pada 993 siswa yang lolos seleksi.

Syarat umum beasiswa Quipper 2022:

  • - Mengisi form registrasi Quipper Scholarship Award 2022.
  • - Cantumkan alamat email aktif. Informasi mengenai proses seleksi hingga pengumuman akan dikirimkan melalui email setelah pendaftaran ditutup.
  • - Mengikuti tes online di Quipper.

Sejumlah syarat khusus juga ditetapkan masing-masing kampus. Kampus yang berpartisipasi dalam beasiswa Quipper antara lain Telkom University, Kalbis Institute, Universitas Tarumanagara, Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), Institut Teknologi PLN (IT PLN), PPM School of Management, Universitas Paramadina, Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP), Universitas Kristen Maranatha, dan Indonesia Banking School (IBS).

Selengkapnya tentang beasiswa Quipper bisa diakses di sini .

2. Beasiswa Astra

Pendaftaran Beasiswa Astra sedang buka hingga tanggal 6 Februari 2022 untuk calon mahasiswa Politeknik Manufaktur Astra Tahun Akademik 2022/2023. Beasiswa dibuka untuk alumnus dan siswa SMA/SMK/MA sederajat semua jurusan.

Penerima Beasiswa Astra berhak mendapat bebas biaya sumbangan pendidikan dan uang kuliah selama 3 tahun, dan uang saku bulanan yang ditentukan Direktur Politeknik Astra. Evaluasi prestasi akademik dilaksanakan berkala tiap semester untuk menentukan kelanjutan atau pemberhentian pemberian beasiswa sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Syarat beasiswa Astra:

  • - Warga negara Republik Indonesia
  • - Lulusan SMA/SMK/SMA sederajat di seluruh jurusan tahun 2021 atau saat ini sedang berada di kelas XII, dibuktikan dengan ijazah saat registrasi
  • - Sehat jasmani dan rohani serta tidak buta warna
  • - Nilai minimal untuk mata pelajaran matematika, fisika, dan bahasa Inggris adalah 75 atau B pada semester I-IV (kelas X dan XI)
  • - Diprioritaskan bagi keluarga dengan penghasilan Rp 5 juta per bulan.

Selengkapnya tentang beasiswa Astra 2022 bisa diakses di sini .

3. Bantuan Pendidikan KIP Kuliah

Bantuan Pendidikan Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP Kuliah) adalah beasiswa pemerintah Indonesia untuk melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). KIP Kuliah mencakup biaya pendidikan di perguruan tinggi dan subsidi biaya hidup sesuai pertimbangan biaya hidup di masing-masing wilayah.

Syarat peneriman bantuan KIP Kuliah:

  • - Siswa SMA/SMK/sederajat yang lulus pada tahun berjalan atau dua tahun sebelumnya
  • - Punya potensi akademik yang baik, namun mengalami keterbatasan ekonomi yang dapat dibuktikan dengan dokumen
  • - Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru melalui semua jalur masuk perguruan tinggi - dan diterima di perguruan tinggi negeri (PTN) atau perguruan tinggi swasta (PTS) di program studi yang sudah terakreditasi.
  • - Keterbatasan ekonomi dapat dibuktikan dengan:
    • Kepemilikan Kartu Indonesia Pintar (KIP)
    • Berasal dari Program Keluarga Harapan (PKH)
    • Mempunyai Kartu Keluarga Sejahtera (KKS)
    • Berasal dari panti asuhan
    • Berasal dari keluarga yang termasuk dalam desil kurang atau sama dengan kategori empat pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

Apabila calon penerima tidak memenuhi salah satu syarat di atas, maka tetap bisa mendaftar asal pendapatan orang tua/wali maksimal Rp 4 juta tiap bulan atau pendapatan kotor tabungan orang tua/wali dibagi jumlah anggota keluarga paling banyak Rp 750 ribu.

Tahun lalu, periode pendaftaran akun beasiswa KIP Kuliah dibuka mulai 8 Februari 2021. Calon penerima KIP Kuliah bisa mengikuti berbagai jalur masuk perguruan tinggi, di antaranya yakni SNMPTN, UTBK-SBMPTN, serta seleksi mandiri PTN dan PTS. Kabar terbaru KIP Kuliah bisa dipantau di detikEdu dan di laman resmi https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ .

4. Beasiswa Aperti BUMN

Beasiswa Aperti BUMN diselenggarakan oleh Aliansi Perguruan Tinggi Badan Usaha Milik Negara (APERTI BUMN). Pada 2021, pendaftaran beasiswa kuliah ini dibuka pertengahan bulan Juni.

Penerima beasiswa akan mendapatkan beasiswa penuh 100% selama masa studi di perguruan tinggi yang dipilih..

Persyaratan umum beasiswa Aperti BUMN:

- Siswa SMA/SMK/MA Lulusan Tahun 2020 dan 2021
- Melampirkan nilai rapor semester 1 s.d 5
- Melampirkan sertifikat jika ada
- Berkas pendaftaran di unggah secara online pada Website Perguruan Tinggi yang dipilih
- Peserta hanya boleh memilih 1 tujuan Perguruan Tinggi

Beasiswa Aperti BUMN sebelumnya dibuka untuk kuliah S1 dan Diploma pada perguruan tinggi di bawah naungan Aperti BUMN, yaitu Universitas Pertamina (UP), Universitas Internasional Semen Indonesia (UISI), Telkom University (Tel-U), Politeknik Pos Indonesia (POLTEKPOS), Sekolah Tinggi Manajemen Logistik (STIMLOG), Institut Teknologi Telkom Surabaya (ITTS), Institut Teknologi Perushaan Listrik Negara (IT-PLN), Bank Rakyat Indonesia (BRI) Institute, dan Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP).

Selanjutnya beasiswa Pertamina>>>

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia