Mau Kuliah di Belanda? Ada Beasiswa Holland Tunjangannya Sampai Rp 85,2 Juta!

Novia Aisyah - detikEdu
Kamis, 06 Jan 2022 08:30 WIB
beasiswa
Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta -

Aplikasi beasiswa Holland untuk calon mahasiswa S1 dan S2 yang ingin kuliah di Belanda, kini tengah dibuka. Pendaftaran untuk tahun akademik 2022-2023 sudah dimulai sejak 01 November 2021 lalu, namun masih akan dibuka hingga 01 Februari atau 01 Mei 2022 mendatang.

Disebutkan dalam situs resminya, dukungan biaya pendidikan ini ditujukan bagi para mahasiswa yang berasal dari luar EEA atau European Economic Area. Beasiswa Holland atau Holland Scholarship didanai Kementerian Pendidikan, Budaya, dan Sains Belanda, beberapa universitas penelitian, dan sejumlah universitas sains terapan di sana.

Jumlah tunjangannya sendiri mencapai € 5,000 atau sekitar Rp 85,2 juta. Tunjangan tersebut akan diterima di tahun pertama studi, namun tidak termasuk beasiswa penuh. Beasiswa ini juga hanya untuk satu tahun saja dan cuma bisa didapatkan satu kali.

Syarat Pendaftaran

  • 1. Bukan warga negara EEA
  • 2. Melamar untuk program S1 atau S2 penuh di salah satu perguruan tinggi Belanda
  • 3. Memenuhi kriteria universitas yang dituju. Kamu bisa mendapatkan informasinya di portal masing-masing kampus
  • 4. Tidak memiliki ijazah dari institusi pendidikan di Belanda.

Jadwal Penting

  • 1. Mulai pendaftaran: 01 November 2021
  • 2. Batas pendaftaran: 01 Februari atau 01 Mei 2022. Pelamar perlu memastikan ke situs perguruan tinggi tujuan masing-masing.

Cara Daftar

Bagi yang berminat, dapat mendaftarkan diri di universitas yang dipilih. Selanjutnya, pada situs studyinholland.nl/hollandscholarship, pelamar bisa melihat gambaran universitas-universitas penelitian dan sains terapan yang bergabung dalam program ini, berikut juga jurusan yang ditawarkan.

Berdasarkan informasi mengenai universitas yang bergabung pada 2021-2022, beberapa contoh kampus yang terlibat di tahun lalu adalah Leiden University, Erasmus University of Rotterdam, Utrecht University, VU Amsterdam, dan puluhan lainnya.

Demikian informasi tentang beasiswa Holland untuk tahun akademik 2022-2023. Bagaimana detikers, kalian tertarik mendaftar?



Simak Video "Ada Beasiswa Pelatihan Guru di Jepang, Ini Syarat dan Fasilitasnya!"
[Gambas:Video 20detik]
(nah/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia