Dear Mahasiswa S1, Google Buka Beasiswa Rp 14 Juta Nih!

Rahma Indina Harbani - detikEdu
Senin, 29 Nov 2021 10:30 WIB
kantor baru google di jakarta
Kantor Google di Jakarta/Google buka beasiswa untuk mahasiswa S1 ilmu komputer. (Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto)
Jakarta - Kabar baik bagi mahasiswa S1 di Indonesia. Google membuka program beasiswa khusus untuk mahasiswa kawasan Asia Pasifik lho. Pendaftaran program beasiswa dari Google dibuka hingga 10 Desember 2021 mendatang.

Program beasiswa dari Google ini bernama Generation Google Scholarship. Kali ini, dibuka program untuk tahun 2022 yang lebih diprioritaskan bagi mahasiswa dan tengah menekuni bidang ilmu komputer di perguruan tingi.

Untuk mahasiswa yang terpilih, akan menerima uang beasiswa sebesar US$ 1.000 atau setara dengan Rp 14,37 juta. Dengan catatan, uang beasiwa hanya boleh dipergunakan untuk biaya kuliah, perlengkapan kuliah, buku, dan biaya lain yang dibutuhkan untuk menunjang perkuliahan.

"Generation Google Scholarship: for women in computer science harus dipakai untuk biaya kuliah, buku, perlengkapan, dan peralatan yang diperlukan untuk kelas siswa di universitas mereka," tulis Google dalam laman resminya.

Google adalah perusahaan multinasional milik Amerika Serikat yang berfokus pada bidang jasa dan produk Internet. Produknya yang paling familiar, salah satunya adalah mesin pencarian Google.

Adapun persyaratan yang berlaku bagi pendaftar Generation Google Scholarship ini adalah sebagai berikut:

A. Persyaratan Pendaftar Beasiswa Google Tahun 2022

  1. Mahasiswa S1 penuh waktu untuk tahun ajaran 2021/2022
  2. Tengah memasuki tahun ke-2 di universitas yang terakreditasi di negara kawasan Asia Pasifik
  3. Mempelajari ilmu komputer, teknik komputer, atau bidang yang relevan
  4. Memiliki catatan akademik yang baik
  5. Memiliki jiwa kepemimpinan dan menunjukkan minat dalam meningkatkan representasi kelompok yang kurang terwakili di bidang ilmu komputer

B. Persyaratan Dokumen Beasiswa Google Tahun 2022

  1. Informasi latar belakang pendaftar (contohnya, informasi kontak detail tentang universitas pendaftar saat ini dan yang hendak dituju)
  2. Resume atau CV (Curriculum vitae)
  3. Transkrip nilai
  4. Jawaban untuk dua pertanyaan esai jawaban singkat, pertanyaan dapat disimak di laman https://buildyourfuture.withgoogle.com/scholarships/generation-google-scholarship-apac/
  5. Buat video 'Meet and Greet' dengan durasi 15 menit untuk peserta terpilih
  6. Google Online Challenge (Undangan akan dikirim 5-7 hari kerja setelah pendaftaran ditutup)

Bagi detikers yang berminat, sila kunjungi laman https://buildyourfuture.withgoogle.com/scholarships/generation-google-scholarship-apac/. Kemudian, jangan lupa siapkan alamat email dan kata sandi untuk memulai pendaftaran.

Pendaftar juga akan diarahkan untuk mengisi formulir data diri dari program beasiswa Generation Google Scholarship Application 2022 berikut dengan dokumen persyaratan yang telah disebutkan sebelumnya.

Semoga berhasil, detikers!

Lihat juga video 'Sandi Beri 1.000 Beasiswa ke Anak Pedagang, Ingin Penerus Bangsa Raih Mimpi':

[Gambas:Video 20detik]



(rah/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia