Pertukaran Pelajar ke Amerika Serikat 2022/2023 Tanpa TOEFL, Udah Daftar?

Trisna Wulandari - detikEdu
Selasa, 19 Okt 2021 14:30 WIB
Hiruk-pikuk traveler hilang selama masa lockdown melawan virus Corona. Yuk bernostalgia lagi saat Patung Liberty penuh sesak traveler.
Pertukaran pelajar ke Amerika Serikat dari YSEALI. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Young Southeast Asian Leaders Initiative (YSEALI) membuka pendaftaran YSEALI Academic Fellow Program untuk mahasiswa S1 sederajat dan fresh graduates usia 18-25 tahun. Pendaftaran pertukaran pelajar ke Amerika Serikat dibuka secara daring hingga 8 November 2021 pukul 10.00 WIB

Peserta terpilih akan menjalani pertukaran pelajar selama 5 minggu yang diadakan kampus di Amerika Serikat. Program pertukaran pelajar YSEALI kali ini menggunakan format hybrid. Selama Maret-Mei 2022, program ini dibuka secara virtual untuk peserta.

Sementara itu, pada 2-3 minggu di musim gugur 2022 atau musim semi 2023, peserta akan diberangkatkan ke Amerika Serikat di kampus penyelenggara sesuai kondisi kesehatan, keamanan, dan kebijakan perjalanan. Dikutip dari laman YSEALI, tanggal pasti kedua tahap pelaksanaan pertukaran pelajar ini akan diinfokan di masa seleksi.

Institusi pendidikan yang bekerjasama dengan YSEALI akan mengusung tema pertukaran seputar civic engagement, masalah lingkungan dan manajemen sumber daya alam, serta perkembangan kewirausahaan dan ekonomi.

Di kegiatann academic residency virtual, peserta pertukaran pelajar YSEALI akan mengikuti secara virtual sesi-sesi akademik, kunjungan, latihan kepemimpinan, dan kegiatan kebudayaan. Sementara itu, kegiatan luring akan diisi dengan kegiatan edukasi dan kebudayaan dalam dan luar kelas, kuliah, dan kunjungan ke daerah komunitas lokal.

Syarat dan Cara Daftar Pertukaran Pelajar YSEALI 2022/2023

Pertukaran pelajar ke Amerika dari YSEALI dibuka untuk kandidat asal Brunei, Myanmar, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam yang sedang menempuh S1 atau baru saja lulus. Kandidat akan diseleksi berdasar latar belakang, pengalaman, riwayat kepemiminan, dan komitmen untuk mengabdi.

  • - Usia 18-25 tahun saat mendaftar
  • - Warga negara Brunei, Myanmar, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam
  • - Residen di Brunei, Myanmar, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, dan Vietnam
  • - Bukan warga negara Amerika Serikat atau permanent resident di AS
  • - Mahasiswa S1 sederajat penuh atau lulusan S1 sederajat yang lulus perguruan tinggi kurang dari 5 tahun
  • - Lancar berbahasa Inggris termasuk membaca, menulis, dan berbicara di ruang kelas universitas Amerika Serikat. Evaluasi bahasa Inggris kandidat tidak dilihat dari TOEFL atau IELTS, tetapi dari berkas aplikasi dan wawancara dengan staf program YSEALI.
  • - Berhak mendapat visa J-1

Kriteria Seleksi

  • - Menunjukkan kualitas kepemimpinan yag kuat dan berpotensi di kampus, tempat kerja, atau di masyaraka
  • - Menunjukkan ketertarikan, pengetahuan, atau pengalaman profesional di satu atau lebih dari satu tema YSEALI: civic engagement, entrepreneurship and economic growth, environment issues
  • - Menunjukkan komitmen atau ketertarikan dalam pelayanan masyarakat, relawan, atau mentorship
  • - Mengindikasikan ketertarikan yang serius dalam belajar tentang region AS dan ASEAN
  • - Mau berpartisipasi aktif di program akademik intensif, kegiatan pelayanan masyarakat, dan tur studi
  • - Berkomitmen menggunakan pengetahuan dari pertukaran pelajar untuk masyarakat, Indonesia, dan ASEAN
  • - Sedikit atau belum berpengalaman di AS

Cara Daftar

Pendaftaran pertukaran pelajar YSEALI Academic Fellow Program bisa diajukan melalui tautan http://bit.ly/YSEALIAFPSpring22 paling lambat 8 November 2021 pukul 10.00 WIB.

Selengkapnya tentang pertukaran pelajar ke Amerika Serikat dari YSEALI bisa dilihat di https://id.usembassy.gov/education-culture/yseali/yseali-academic-fellows/. Selamat mendaftar, detikers!



Simak Video "Pengakuan Mahasiswa yang 'Di-SmackDown' Polisi: Agak Sedikit Pegal-pegal"
[Gambas:Video 20detik]
(twu/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia