Ingin Kuliah di Luar Negeri? Simak Tips Meraih Beasiswa LPDP ala Alumni Unair

Fahri Zulfikar - detikEdu
Rabu, 06 Okt 2021 18:30 WIB
Ilustrasi sekolah internasional
Foto: Thinkstock/Jacob Ammentorp Lund
Jakarta - Salah satu alumni Universitas Airlangga (Unair), Satya Hangga Yudha Widya Putra, membagikan tips meraih beasiswa LPDP dalam acara webinar Asian Law Student's Association (ALSA).


Digelar lewat Zoom Meeting, acara yang dihadiri puluhan mahasiswa tersebut diadakan untuk membuka kesempatan dan pertukaran informasi tentang seluk-beluk beasiswa, khususnya LPDP.


Webinar tersebut juga diselenggarakan guna mendukung kesempatan belajar bagi para mahasiswa, Fakultas Hukum Universitas Airlangga (FH Unair).


Dalam webinar, Satya berbagi banyak hal tentang seluk-beluk beasiswa LPDP. Satya menekankan bagaimana beasiswa dalam dan luar negeri dari pemerintah tersebut tidak hanya sekadar memberikan bantuan pembiayaan studi.


"Penerima beasiswa LPDP juga akan mendapatkan pembiayaan penuh, funding riset, pelatihan, hingga ekspektasi untuk kelak menggunakan ilmunya untuk membangun Indonesia," jelasnya seperti dikutip dari laman resmi Unair (6/10).


Menurut lulusan Michigan State University dan New York University tersebut, beasiswa LPDP ada untuk meningkatkan human capital dan kompetensi. Hal itu bertujuan untuk memastikan bahwa keberlanjutan edukasi akan berlanjut untuk generasi masa depan.


Oleh karena itu, saat selesai studi penerima beasiswa LPDP diharapkan kembali mengabdi di Indonesia, sesuai dengan bidang keahlian yang dimiliki.


"Tidak mengherankan jika proses seleksi beasiswa LPDP sangatlah ketat. Detail proses seleksi, jenis-jenis beasiswa LPDP, kriteria motivation letter dan surat rekomendasi yang tepat harus diketahui sebelum memutuskan mendaftar pada beasiswa tersebut," tutur Sekretaris Jenderal Asosiasi Penerima Beasiswa LPDP.


Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Alumni ALSA Unair yang juga menjadi penerima beasiswa LPDP, Fernandes Adhitya, juga membagikan pengalamannya sebagai penerima beasiswa LPDP.


Fernandes menjelaskan salah satu hal paling penting dalam beasiswa LPDP adalah study proposal yang memuat esai tentang apa yang kelak calon penerima beasiswa berikan untuk Indonesia.


"Latar belakang dan motivasi kalian untuk ambil studi lanjutan itu sangat penting. Kenapa? Karena level kompetisi kerja dan persaingan global makin tinggi," kata lulusan FH UNAIR tersebut.


Selain itu, lulusan University of Melbourne itu pun juga mengungkapkan penerima LPDP akan diharapkan untuk mampu berkontribusi ke Indonesia sesuai dengan study plan yang ditulis saat pertama kali mendaftar.


Menurutnya, dalam proses meraih beasiswa LPDP, pengalaman di ALSA UNAIR adalah bagian yang cukup membantunya.


"Jejaring koneksi, diskusi, serta jejak para alumni ALSA yang menerima beasiswa LPDP bisa mendorong kita untuk meraih keberhasilan yang sama," pungkasnya.

Simak Video "Jurusan Sepi Peminat di Unair, Apa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(faz/lus)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia