Pengumuman, Beasiswa Pemerintah Swiss untuk Peneliti Muda & Seniman Dibuka!

Kristina - detikEdu
Senin, 23 Agu 2021 10:01 WIB
beasiswa
Foto: Getty Images/iStockphoto/Chinnapong
Jakarta - Beasiswa Unggulan Pemerintah Swiss untuk peneliti muda dan seniman asing tahun 2022/2023 sudah dibuka. Pendaftaran akan ditutup pada 1 Desember 2021 mendatang.

Setiap tahun Konfederasi Swiss memberikan beasiswa Swiss Government Excellence Scholarships untuk mempromosikan pertukaran internasional dan kerjasama penelitian antara Swiss dan lebih dari 180 negara lainnya, termasuk Indonesia.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi peneliti muda dari luar negeri yang telah menyelesaikan gelar master atau Ph.D. dan seniman asing yang memegang gelar sarjana.

Penerima beasiswa Swiss Government Excellence Scholarships akan dibiayai penuh dan mencakup biaya kuliah penuh, pembayaran tunjangan bulanan, kamar, asuransi kesehatan, dan pengeluaran mahasiswa lainnya.

Dilansir dari Komisi Federal untuk Beasiswa bagi Pelajar Asing (FCS) Konfederasi Swiss, beasiswa ini terdiri dari dua tipe, yakni beasiswa penelitian dan beasiswa seni.

A. Beasiswa Penelitian

Beasiswa penelitian tersedia untuk peneliti pasca sarjana dalam disiplin ilmu apapun (minimal bergelar master) yang berencana datang ke Swiss untuk melanjutkan penelitian atau studi lebih lanjut di tingkat doktoral atau pasca doktoral.

Beasiswa penelitian diberikan untuk penelitian atau studi di semua universitas kanton Swiss, universitas ilmu terapan dan dua institut teknologi federal, serta empat institut penelitian. Hanya kandidat yang dinominasikan oleh mentor akademik di salah satu institusi pendidikan tinggi ini yang akan dipertimbangkan.

B. Beasiswa Seni

Beasiswa seni terbuka untuk siswa seni yang ingin mengejar gelar master di Swiss. Tipe beasiswa ini diberikan untuk studi di konservatori Swiss atau universitas seni mana pun. Beasiswa ini tersedia untuk siswa dari sejumlah negara saja, termasuk Indonesia.

Syarat Umum

Dilansir dari Komisi Eropa berikut syarat umum dan dokumen umum yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa Pemerintah Swiss 2022.

1. Pelamar harus menguasai keterampilan bahasa yang diperlukan untuk penelitian/studi.

2. Pelamar harus memberikan surat dari profesor tuan rumah akademik (termasuk CV singkatnya) di universitas Swiss yang dipilih yang mengonfirmasi mengapa dia bersedia untuk mengawasi dan mendukung penelitian. Tanpa dukungan tersebut, aplikasi akan ditolak.

3. Pelamar yang telah berada di Swiss selama lebih dari satu tahun pada awal beasiswa pada bulan September tidak memenuhi syarat.

4. Pelamar yang telah mendapat beasiswa Pemerintah Swiss tidak diperkenankan mengajukan beasiswa untuk kedua kalinya.

5. Pelamar harus memiliki proposal penelitian termasuk jangka waktu. Ini adalah inti dari aplikasi.

6. Pelamar harus memperhatikan semua syarat yang diperlukan.

7. Pemegang beasiswa diharapkan untuk pindah ke Swiss selama periode pemberian beasiswa berlangsung.

Klik halaman berikutnya



Simak Video "Biden Cecar Putin soal Isu HAM saat Bertemu"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia