10 Profesional Muda Indonesia Raih Beasiswa DIKTI-LPDP-StuNed

Anatasia Anjani - detikEdu
Jumat, 06 Agu 2021 18:00 WIB
beasiswa
Beasiswa Dikti-LPDP-StuNed Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta - Kabar baik datang dari program beasiswa Dikti-LPDP-StuNed yang telah menentukan sepuluh penerima untuk menjalani pendidikan program master di universitas terkemuka di Belanda.

Sepuluh pemuda yang terpilih dalam beasiswa ini akan terbagi ke dalam tiga jurusan pilihan yaitu Water Management and Technology; Entrepreneurship, Sustainable and Circular Economy focused on Fisheries and Marine; dan Fisheries and Marine Sciences and Technology.

Direktur Direktur Nuffic Neso Indonesia, Peter Van Tuijl menjelaskan perjalanan panjang kerja sama antara Dikti - LPDP - StuNed yang akhirnya telah tercapai pada tahun 2021.

"Proses kesepakatan sempat memakan waktu lama terkait ketentuan program studi yang akan didukung, tiga program studi yang disebutkan di atas akhirnya lahir setelah pertimbangan melihat potensi sektor perairan Indonesia, hal ini juga dianggap selaras karena selama ini Kerajaan Belanda telah lama dikenal punya keunggulan dalam mengelola air dan berbagai potensinya," ujar Peter dalam Awarding Ceremony 2021, Kamis (6/8/2021).

Selain itu Duta Besar Kerajaan Belanda, Lambert Grijns juga mengatakan bahwa kerja sama beasiswa Dikti LPDP StuNed merupakan langkah strategis untuk melanjutkan hubungan dan mengembangkan sumber daya manusia ke dua negara.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nizam mengatakan agar nantinya para Awardee dapat menjadi duta yang menunjukkan sisi baik Indonesia dalam komunitas internasional saat masa studi.

"Jurusan-jurusan tersebut sangat penting bagi Indonesia dan banyak universitas di Belanda terbaik di dunia pada bidang itu. Belajarlah dengan baik dari para dosen dan profesor dan jangan lupa timba pengalaman dari industri," ujarnya.

Adapun Direktur Utama LPDP, Andin Hadiyanto menyampaikan apresiasinya yang tinggi terhadap suksesnya kerja sama beasiswa ini. Ia juga mengucapkan selamat kepada Awardee yang terpilih.

"Saya juga berharap agar Awardee dapat menyerap sebanyak mungkin manfaat studi dan kembali ke tanah air untuk berkontribusi pada berbagai permasalahan masyarakat terkait sektor perairan," ujar Andin.


Berikut adalah 10 Awardee Beasiswa DIKTI-LPDP-StuNed

1. Sabrina Farah Salsabilla, dari Bandung, Water Science and Engineering.

2. Alfian Solihin, dari Pemalang, Water Science and Engineering.

3. Muhammad Fudail, dari Makassar, Maritime Economics and Logistic.

4. Axel Hutomo, dari Tangerang, Water Science and Engineering.

5. Tomi Panglamba, dari Balikpapan, Enviromental Science.

6. Muhammad Haikal, dari Banda Aceh, Enviromental Science.

7. Andre Dani Mawardhi, dari Bogor, Water Science and Engineering.

8. Ditrisa Taranadia, dari Surabaya, Urban Management and Development.

9. Gunawan Panga, dari Makassar, Aquaculture and Marine Resource.

10. Dewiyanti Hermadytha, dari Bandung, Enviromental Science.


Beberapa waktu lalu, Andin mengatakan salah satu keunggulan program beasiswa Dikti-LPDP-StuNed adalah berfokus pada bidang prioritas pembangunan Indonesia dan disesuaikan dengan keunggulan universitas yang dimiliki Belanda.

"Indonesia adalah maritim terbesar di dunia yang potensi pengembangannya sangat besar untuk dikelola secara bisnis dan berkelanjutan. Sementara Belanda sangat berpengalaman dalam bidang tersebut," katanya.



Simak Video "Nadiem Berharap Penerima LPDP Kembali Ke Tanah Air Usai Studi"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia