Beasiswa Kuliah di Jepang untuk Lulusan SMA/SMK, Simak Syaratnya di Sini

Kristina - detikEdu
Sabtu, 31 Jul 2021 11:24 WIB
beasiswa
Foto: Getty Images/iStockphoto/fizkes
Jakarta - Tokyo Institut of Technology (Tokyo Tech) tengah membuka beasiswa Global Scientist and Engineers Program (GSEP). Beasiswa ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK yang ingin mengambil gelar sarjana teknik di Jepang.

GSEP merupakan program sarjana untuk mahasiswa internasional yang ingin menjadi ilmuwan dan insinyur dengan perspektif global di bidang transdisipliner. Mahasiswa akan didanai penuh oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi (MEXT). Selain itu, mahasiswa dengan biaya sendiri juga dapat mengikuti program ini.

Program ini tidak mengharuskan calon mahasiswa mahir berbahasa Jepang. Perkuliahan akan dilakukan menggunakan bahasa Inggris. Nantinya, mahasiswa akan menjalani studi di bawah Departemen Sains dan Teknik Transdisipliner.

Tertarik daftar? Berikut syarat beasiswa kuliah di Jepang melalui program GSEP dilansir dari situs titech.ac.jp

Persyaratan Pelamar dengan Beasiswa MEXT (MEXT Scholarship)

1. Pelamar bukan warga negara Jepang. Namun, berasal dari negara yang memiliki hubungan diplomatik dengan Jepang.

2. Peserta lahir pada 2 April 1997 atau setelahnya.

3. Pelamar telah menyelesaikan 12 tahun sekolah reguler atau lulus dari sekolah menengah Jepang yang setara sebelum tiba di Jepang.

4. Pelamar yang dinyatakan diterima harus tiba di Jepang antara 1-7 April 2022 sebagaimana ditentukan oleh MEXT.

5. Pelamar yang diterima harus memperoleh visa Mahasiswa (ryugaku) sebelum memasuki Jepang. Harap dicatat juga bahwa individu yang mengubah status visa mereka setelah tiba di Jepang ke kategori selain Mahasiswa tidak lagi memenuhi syarat untuk menjadi penerima beasiswa MEXT sejak tanggal perubahan kategori visa.

6. Pelamar yang termasuk dalam salah satu kondisi berikut ini tidak diperkenankan mendaftar beasiswa MEXT. Apabila di kemudian hari diketahui melanggar, maka pelamar harus mengundurkan diri.

a. Personel militer atau pegawai sipil militer pada saat kedatangan di Jepang atau selama pemberian beasiswa.

b. Tidak dapat tiba di Jepang selama periode yang ditentukan oleh MEXT.

c. Sedang atau pernah menerima beasiswa pemerintah Jepang (MEXT).

d. Terdaftar di universitas Jepang dengan status tinggal mahasiswa (ryugaku) atau terdaftar atau dijadwalkan untuk terdaftar di universitas Jepang sebagai siswa internasional yang dibiayai secara pribadi sejak awal pemberian beasiswa. Ketentuan ini tidak berlaku bagi mahasiswa internasional yang saat ini kuliah universitas Jepang dengan biaya pribadi yang akan menyelesaikan studi mereka dan kembali ke negara mereka sebelum akhir Maret 2022.

e. Berencana menerima beasiswa dari organisasi selain pemerintah Jepang (misalnya, organisasi pemerintah di negara pemohon) setelah dimulainya periode beasiswa MEXT.

f. Diharapkan lulus tetapi tidak dapat memenuhi persyaratan dan kualifikasi akademik yang dipersyaratkan.

g. Sudah merencanakan, pada saat melamar, untuk terlibat dalam kegiatan penelitian jangka panjang di luar Jepang (yaitu, magang, kerja lapangan, dll.) atau mengambil cuti jangka panjang.

Persyaratan Pelamar Beasiswa Pribadi (Privately Funded)

1. Pelamar bukan warga negara Jepang dan diharuskan memiliki visa mahasiswa (ryugaku) atau berniat untuk mendapatkannya pada saat pendaftaran mereka.

2. Pelamar harus berusia minimal 18 tahun pada 31 Maret 2022. Jika pelamar telah menyelesaikan 12 tahun sekolah reguler atau telah lulus dengan kesetaraan sekolah menengah yang dapat diterima oleh standar Jepang pada tanggal 31 Maret 2022, mereka masih memenuhi syarat untuk mendaftar meskipun mereka berusia di bawah 18 tahun.

3. Pelamar harus telah menyelesaikan atau diharapkan menyelesaikan pendidikan reguler 12 tahun di luar Jepang pada Maret 2022 (tidak termasuk program Jepang yang berlokasi di luar Jepang yang telah diakui oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi setara dengan program sekolah menengah di Jepang), atau ditunjuk oleh Menteri.

4. Pendaftaran akan dibatalkan jika pelamar yang diharapkan lulus tetapi tidak dapat memenuhi persyaratan dan kualifikasi akademik yang dipersyaratkan pada tanggal yang ditentukan secara terpisah oleh Tokyo Tech

5. Mereka yang telah lulus ujian untuk program GSEP tidak dapat mengajukan ujian masuk tambahan di Tokyo Tech. Pengecualian dapat dilakukan jika surat penarikan yang diajukan oleh pemohon program GSEP disetujui oleh Tokyo Tech.

Dokumen yang Dibutuhkan

1. Permohonan Penilaian Kelayakan Penerimaan Individu format Word atau PDF.

2. Ijazah yang dikeluarkan oleh sekolah menengah pelamar.

3. Transkrip resmi yang dikeluarkan oleh sekolah menengah pelamar.

5. Jika pelamar adalah seorang mahasiswa, sertifikat pendaftaran atau fotokopi kartu identitas mahasiswa.

Bagi detikers yang tertarik dengan beasiswa kuliah di Jepang dapat mendaftar pada 16 Agustus-3 September 2021. Semoga berhasil!

Simak Video "Sandiaga Bagikan 1.000 Beasiswa untuk Anak Pedagang Kecil"
[Gambas:Video 20detik]
(erd/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia