Mau Belajar di Arab Saudi? Syaratnya Wajib Ditemani Mahram

Rosmha Widiyani - detikEdu
Rabu, 23 Jun 2021 18:15 WIB
ilustrasi kelulusan
Foto: thinkstock/Mau Belajar di Arab Saudi? Syaratnya Wajib Ditemani Mahram.
Jakarta - Beasiswa Arab Saudi di King Abdulaziz University (KAU) punya syarat yang mungkin tidak ada di program serupa lainnya. Syarat ini hanya berlaku untuk mahasiswa perempuan yang mengambil program S1.

"Mahasiswa perempuan harus ditemani mahram atau saudara yang tidak bisa dinikahi di masyarakat umum. Syarat penerimaan ini tentunya harus dipenuhi," tulis KAU dalam situsnya pada menu Scholarship Portal for International Students.

Berikut syarat lengkap beasiswa Arab Saudi

Untuk update dan info detail bisa klik di link https://dsa-scholarships.kau.edu.sa. Syarat beasiswa tersebut adalah:

1. Harus berkelakuan baik

2. Berkomitmen mematuhi aturan KAU dan hukum yang berlaku

3. Sehat secara medis

4. Wajib punya sertifikat lulus dari SMA atau pendidikan sederajat lain dari Arab Saudi atau luar negeri

5. Memenuhi komitmen sebagai full time study

6. Sertifikat kelulusan tidak boleh berusia lebih dari tiga tahun

7. Mahasiswa program undergraduate harus berusia 17-25 tahun

8. Mahasiswa harus mematuhi semua aturan dan jangan sampai dikeluarkan dari universitas

9. Tidak menerima beasiswa lain

10. Harus ditemani mahram sesuai hukum yang berlaku

11. Seluruh syarat dan aturan ini wajib dipenuhi.

Dikutip dari situs Muhammadiyah, mahram adalah perempuan atau laki-laki yang masih termasuk sanak saudara dekat. Penyebab kedekatan adalah keturunan, sesusuan, atau hubungan perkawinan sehingga tidak boleh menikah di antara keduanya.

Mahram bagi perempuan sebagai syarat memperoleh beasiswa Arab Saudi antara lain ayah, paman, dan saudara laki-laki kandung serta hanya satu ibu atau bapak. Contoh lain adalah bapak persusuan (suami ibu susu), anak, saudara, dan keponakan dari ibu susu.

Syarat ditemani mahram dalam beasiswa Arab Saudi untuk mahasiswa undergraduate perempuan, tidak disebutkan pada graduate programs. Untuk graduate programs, penerima beasiswa melanjutkan ke jenjang S2 atau S3.

Program beasiswa Arab Saudi tidak menyebutkan tenggat waktu, sehingga kemungkinan tersedia sepanjang tahun. Namun bagi yang berminat sebaiknya segera mendaftarkan diri.

Calon peserta bisa klik info detail di situs KAU lalu mengisi formnya di https://ags.kau.edu.sa/outpsgadm/INDEX.ASP. Seluruh berkas nantinya dikirim ke kementerian pendidikan Saudi, sebelum diputuskan para penerimanya.

Beasiswa Arab Saudi di KAU menawarkan sejumlah keuntungan selain biaya pendidikan. Misal tunjangan bulanan sebagai mahasiswa, dua bulan saat kedatangan, tiga bulan ketika lulus dan untuk pengiriman buku, serta tambahan lain jika berprestasi.

Simak Video "Arab Saudi Amankan 147 Orang Jemaah Haji Ilegal"
[Gambas:Video 20detik]
(row/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia