213 Santri Lolos Beasiswa Masuk Perguruan Tinggi, Ini Kata Menag

Rahma I Harbani - detikEdu
Senin, 31 Mei 2021 18:30 WIB
Menag Yaqut Cholil Qoumas
Foto: dok. Kemenag
Jakarta - Kementerian Agama (Kemenag) mencatat 213 santri dari 4.614 pendaftar yang dinyatakan lulus dalam proses seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) tahun 2021. Hasil seleksi sudah diumumkan kepada para peserta mulai hari ini, Senin (31/5/2021). Pengumuman melalui laman www.ditpdpontren.kemenag.go.id.

Dirjen Pendidikan Islam Muhammad Kemenag Ali Ramdhani menyebut pengumuman yang dijadwalkan pada hari ini dikhususkan untuk kelulusan di 19 perguruan tinggi mitra (PTM) PSBB. Total keseluruhan PTM dalam PSBB ini berjumlah 21 kampus.

"Pengumuman hari ini hanya untuk kelulusan di 19 perguruan tinggi mitra. Total santri yang mendaftar di PBSB tahun ini sebanyak 4.614 orang," ujar Dhani dikutip dari situs Kemenag, Senin (31/5/2021).

Lebih lanjut, Dhani menambahkan hasil seleksi PBSB berdasarkan yudisium penentuan kelulusan yang ditandatangani oleh PTM dan Kemenag dilakukan pada 28 Mei 2021 kemarin.

Lalu apa kata Menteri Agama (Menag)?

Menag Yaqut Cholil Qoum mengucapkan selamat kepada 213 santri yang dinyatakan lulus dalam program beasiswa santri tahun ini. Selain itu, ia juga menyebut PSBB menjadi wadah penting untuk menciptakan kader ulama sekaligus ilmuwan santri yang makruf.

"PBSB menjadi investasi penting untuk menciptakan kader ulama sekaligus ilmuwan santri yang moderat dan mampu berpikir dan bersikap dengan cara-cara yang makruf," ujarnya.

Tidak hanya itu saja, PBSB juga merupakan kesempatan yang diberikan Kemenag bagi santri untuk mendapatkan kesempatan belajar di perguruan tinggi. Hingga menyiapkan santri yang unggul, kompetitif, memiliki potensi akademik yang baik, sekaligus menciptakan mobilitas sosial vertikal.

Adapun hasil seleksi PBSB untuk PTM Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI) rencananya akan diumumkan pada 30 Juni mendatang.

Pengumuman IPB dijadwalkan bersamaan dengan pengumuman Beasiswa Utusan Daerah (BUD) IPB. Berbeda bagi UI yang masih ada tahap Seleksi Masuk UI atau SIMAK-UI yang akan digelar pada 19-21 Juni.

Berikut ini daftar lengkap 21 PTM dalam PBSB di antaranya adalah:
-UIN Alauddin Makassar;
-UIN Maulana Malik Ibrahim Malang;
-UIN Sunan Ampel Surabaya;
-UIN Sunan Gunung Djati Bandung;
-UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta;
-UIN Syarif Hidayatullah Jakarta;
-UIN Walisongo Semarang;
-UIN Sumatera Utara;
-Universitas Indonesia;
-Institut Pertanian Bogor;
-ITS Surabaya, UGM Yogyakarta;
-Universitas Islam Malang;
-UPI Bandung;
-Universitas Negeri Jakarta;
-Unusia (Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia);
-Universitas Wahid Hasyim Semarang;
-Universitas Islam Nusantara Bandung;
-Universitas Islam Makassar;
-Universitas Mataram;
-IAI Bunga Bangsa Cirebon.

Kamu termasuk dalam 213 santri yang lulus dalam beasiswa santri berprestasi ini kah?



Simak Video "Doa Lintas Agama Demi Indonesia Bisa Segera Pulih dari Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/nwy)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia