Pemerintah Luncurkan Beasiswa untuk Pendidikan Vokasi, Berapa Kuotanya?

Rahma Harbani - detikEdu
Jumat, 21 Mei 2021 21:00 WIB
Kemendikbudristek dan LPDP luncurkan beasiswa untuk pendidikan vokasi
Foto: Rahma Harbani/Pemerintah Luncurkan Beasiswa untuk Pendidikan Vokasi, Berapa Kuotanya?
Jakarta - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) menggandeng Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk meluncurkan program beasiswa pendidikan vokasi. Peluncuran beasiswa ini telah dilakukan pada 11 Mei kemarin.

Terdapat sembilan skema program beasiswa gelar dan non gelar. Adapun, sasaran beasiswa ini ditujukan pada calon guru, dosen, dan calon dosen pendidikan vokasi.

Lantas, berapa banyak kuota yang akan dibuka?

Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) Ditjen Diksi Ahmad Saufi mengungkapkan bahwa sekitar 10 ribu kuota akan dibuka pada seluruh program beasiswa ini.

"Kami belum bisa menyebut spesifik (total kuota beasiswa), tapi ini kurang lebih 10 ribu di seluruh program," ungkap Ahmad Saufi dalam diskusi media bertajuk Program Beasiswa Pendidikan Vokasi Indonesia tahun 2021 di Hotel Atlet Century Park Jakarta, Jumat (21/5/2021).

Untuk meluncurkan program ini, menurut Koordinator Program Beasiswa Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek Agus Susilo, pemerintah menganggarkan dana hingga Rp 600 miliar bersama LPDP.

Sebagai informasi, program mahasiswa gelar pendidikan vokasi menyasar pada calon guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) untuk beasiswa S1 atau D4, calon dosen perguruan tinggi vokasi untuk beasiswa S2 dalam negeri dan luar negeri, serta dosen perguruan tinggi vokasi untuk semua beasiswa S3 luar negeri dan beasiswa joint atau dual degree S3.

Beasiswa untuk pendidikan vokasi yang dibuka. Klik selanjutnya>>



Simak Video "Nadiem Berharap Penerima LPDP Kembali Ke Tanah Air Usai Studi"
[Gambas:Video 20detik]

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia