Unpad Sediakan Beasiswa S2 dan S3, Cek Infonya di Sini!

Anatasia Anjani - detikEdu
Senin, 17 Mei 2021 20:03 WIB
Kampus Unpad dijaga brimob
Foto: Dony Indra Ramadhan/Unpad Sediakan Beasiswa S2 dan S3, Cek Infonya di Sini!
Jakarta - Universitas Padjadjaran (Unpad) memberikan beasiswa pasca sarjana bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan Program Doktor dan program Fast Track Magister-Doktor. Beasiswa ini dikhususkan bagi yang ingin melanjutkan S2 dan S3 di Unpad.

Rektor Unpad Rina Indiastuti menjelaskan bahwa beasiswa Unpad ini terdiri dari dua jenis yaitu Beasiswa Program Doktoral Padjadjaran untuk program S3 Beasiswa Unggulan Pascasarjana Padjadjaran, serta untuk program fast track Magister-Doktor (S2-S3).

"Kedua program ini merupakan salah satu kontribusi nyata Unpad dalam mendukung program prioritas pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia," kata Rina dikutip dari situs resmi Unpad.

Untuk mendapatkan beasiswa ini, para pendaftar S2 dan S3 dapat melakukan registrasi online di laman SMUP Unpad. Pendaftar cukup memilih apakah ingin mengambil penawaran beasiswa atau tidak.

"Cara pendaftarannya akan mengikuti mekanisme SMUP yang reguler. Calon mahasiswa nanti dapat memilih apakah akan mendaftar ke program melalui penawaran beasiswa ini atau tidak," jelas guru besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut.

Kedua program beasiswa Unpad ini diarahkan untuk pembelajaran berbasis riset dan diintegrasikan dengan hibah riset Unpad yang didapat dari para calon promotor.

Penerima beasiswa Unpad fast track Magister-Doktor akan mendapatkan dana untuk biaya pendidikan, riset, serta biaya hidup perbulan selama satu tahun mengikuti pendidikan Magister yang dilanjutkan dengan tiga tahun pendidikan Doktor.

Program beasiswa Unpad fast track Magister-Doktor sendiri memiliki jangka waktu 4 tahun. Selama waktu tersebut mahasiswa bersama dosen promotor akan melakukan riset dan publikasi jurnal ilmiah bersama.

"Diharapkan dalam waktu 4 tahun, penerima beasiswa dapat menyelesaikan studinya hingga program Doktor," jelas Rektor Unpad.

Semenatra itu, untuk beasiswa doktor Unpad, peserta akan mendapatkan biaya pendidikan dan riset selama tiga tahun dan melakukan riset bersama dosen promotor. Implementasi yang diharapkan dari beasiswa Unpad Program Doktoral adalah publikasi artikel ilmiah dalam jurnal internasional bereputasi per tahunnya.



Simak Video "Indra Darmawan, Lulusan Unpad yang Jadi Pemulung Budiman"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/pay)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia