Universitas Pertamina Beri Beasiswa Rp 1,6 M untuk Mahasiswa Terdampak Pandemi

Puti Yasmin - detikEdu
Rabu, 05 Mei 2021 14:30 WIB
Universitas Pertamina
Foto: Dok. Universitas Pertamina/Universitas Pertamina Beri Beasiswa Rp 1,6 M untuk Mahasiswa Terdampak Pandemi
Jakarta - Universitas Pertamina memberikan beasiswa kepada mahasiswanya yang terdampak pandemi virus corona. Hal ini juga berkaitan dengan data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bahwa angka putus kuliah selama pandemi mengalami peningkatan.

Tercatat, per September 2020 angka putus kuliah mencapai angka 50%, khususnya terjadi di Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Universitas Pertamina pun mengambil inisiatif memberikan beasiswa pandemi untuk mahasiswanya senilai total Rp 1,6 miliar.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Budi W Soetjipto setiap mahasiswa Universitas Pertamina diperbolehkan mengambil beasiswa pandemi. Adapun, beasiswa tersebut bentuknya adalah potongan SPP (Sumbangan Pembinaan Pendidikan).

"Semua mahasiswa yang orang tua atau penanggung biaya kuliahnya terdampak COVID-19 boleh mengajukan beasiswa ini. Untuk tahun Akademik 2020/2021, total beasiswa potongan SPP bagi mahasiswa terdampak COVID-19 yang kami berikan, nilainya mencapai lebih dari 1,6 miliar rupiah," ungkap Budi dalam keterangan tertulis yang diterima detikEdu, Rabu (5/5/2021).

Lebih lanjut, kata Budi, beasiswa ini adalah satu dari sekian banyak beasiswa yang tersedia di Universitas Pertamina. Jauh sebelum pandemi, para mahasiswa yang di tengah perkuliahan mengalami kesulitan membayar uang SPP dapat mengajukan dua jenis beasiswa berbeda, yakni Beasiswa Unggulan Semester dan Beasiswa Studi Berkelanjutan.

"Selama pandemi, beasiswa ini akan selalu dibuka. Untuk tahun 2021, pengajuan beasiswa diperkirakan dimulai pada Juli mendatang. Pemotongan SPP akan diberikan untuk Tahun Ajaran baru 2021/2022, yang perkuliahannya dimulai Agustus 2021," terang Budi.

Beasiswa pandemi ini pun disambut baik oleh mahasiswa. Salah satu mahasiswi Program Studi Hubungan Internasional Universitas Pertamina Angkatan 2018 Vini Lili Natalia Mahasiswi mengatakan beasiswa ini sangat membantu ia melanjutkan pendidikannya.

Vini mengaku hampir putus asa tidak bisa melanjutkan kuliah. Pasalnya, usaha milik orang tuanya harus tutup karena pandemi COVID-19. Namun, ia bersyukur dengan adanya beasiswa pandemi bisa mendapatkan bantuan potongan SPP selama satu tahun

"Ketika orang tua bilang usahanya merugi dan hampir gulung tikar akibat pandemi, saya sempat putus asa. Bagaimana akan melanjutkan pendidikan, padahal saya sudah berada di tingkat akhir," jelas Vini

"Waktu itu, baca pengumuman di grup ada Beasiswa Keringanan SPP Terdampak Pandemi COVID-19. Saya langsung daftar. Puji syukur bisa mendapat potongan biaya SPP selama satu tahun. Lega banget rasanya," sambungnya.

Senada dengan Vini, Mahasiswi Program Studi Teknik Mesin Angkatan 2019 bernama Olivia juga mengaku terdampak pandemi COVID-19 karena orang tuanya terkena PHK. Ia pun segera mengajukan beasiswa pandemi untuk melanjutkan pendidikannya.

"Waktu dapat kabar orang tua kena PHK, saya langsung menghubungi pihak kampus dan diarahkan daftar beasiswa ini. Puji syukur, pengajuannya diterima. Syaratnya juga mudah. Cukup mengisi formulir, melampirkan copy identitas dan surat keterangan PHK dari perusahaan orang tua aja," ungkap Olivia.

Sementara itu, Universitas Pertamina memberikan 16 jenis beasiswa yang dibuka setiap semesternya. Informasi syarat dan ketentuan, tata cara dan periode pengajuan, serta jenis beasiswa dapat diakses di laman https://universitaspertamina.ac.id/beasiswa/

Simak Video "Kebakaran di Tangki Kilang Cilacap Pertamina Dinyatakan Padam"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia