Bro-Sis, Ada Beasiswa S1 Penuh di President University dari Jababeka Nih

Trisna Wulandari - detikEdu
Jumat, 30 Apr 2021 18:15 WIB
President University
Beasiswa S1 penuh Jababeka di President University (Foto: Dok President University)
Jakarta - Kawasan Industri Jababeka membuka pendaftaran beasiswa S1 untuk kuliah di President University, Cikarang Utara, Jawa Barat. Bagi peringkat pertama bisa dapat beasiswa penuh loh..

Pemberian Subsidi Biaya Uang Kuliah (tuition fees) dari Beasiswa Jababeka yakni selama 10 semester flat sampai lulus menjadi sarjana S1.

Kurikulum President University tahun 2021 mengacu pada Kampus Merdeka. Kurikulum ini memungkinkan mahasiswa lulus program S1 dalam 3 tahun. Sementara itu, mahasiswa dapat mengambil mata kuliah di luar program studi.

Mahasiswa juga dapat mengambil mata kuliah atau berkegiatan di luar President University dalam bentuk internship, mentorship, dan scholarship selama 1 tahun.

Beasiswa S1 dari Jababeka diperuntukkan bagi siswa lulusan SMA atau sederajat usia 17-21 tahun yang berprestasi secara akademik. Beasiswa ini tidak mempertimbangkan latar belakang status sosial ekonomi, seperti dikutip dari laman resmi President University.

Beasiswa S1 Jalur Rapor Jababeka menggunakan evaluasi nilai rapor berdasarkan standardisasi seleksi masuk President University tanpa melalui tes. Beasiswa jalur rapor terbagi dalam 5 Rank (peringkat).

Nah, beasiswa penuh atau bebas biaya kuliah disediakan untuk penerima beasiswa Rank 1. Hanya saja kamu harus bisa pertahankan GPA atau IPK 3,5. Sementara mahasiswa Rank 2-5 membayar biaya kuliah Rp8-16 juta per semester.

Berikut persyaratan beasiswa S1 Jababeka jalur rapor:


Persyaratan


1. WNI berbadan sehat dan bebas narkoba.

2. Program beasiswa S1 jalur rapor berlaku bagi calon lulusan SMA atau sederajat tahun 2021, atau maksimal 2 tahun sebelum tahun akademik perkuliahan dimulai.

3. Nilai mata pelajaran matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris di rapor minimal 80 pada kelas X dan XI (semester 1 - 4).

Pendaftaran


1. Pendaftaran hanya dilakukan secara online

2. Biaya pendaftaran online gratis

3. Pastikan data diri diinput dengan jelas dan terperinci

4. Nama lengkap sesuai dengan rapor atau ijazah

5. Email dan nomor handphone harus masih aktif

6. Alamat Rumah, Nama Jalan, No Rumah, RT/RW, Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan/Kelurahan, Kode Pos harus jelas

7. Masukkan nilai rapor secara online, kelas X dan XI (semester 1 - 4), mata pelajaran matematika, bahasa Indonesia, bahasa Inggris. Bila terdapat dua nilai angka (keterampilan dan pengetahuan, mata pelajaran wajib dan minat), pilih angka tertinggi untuk diinput pada formulir pendaftaran online.

8. Nilai rapor yang diinput harus benar dan sesuai dengan nilai rapor, soft-copy dikirimkan. LoA dari President University yang diterima otomatis dinyatakan gugur dan tidak berlaku bila hasil verifikasi fisik menemukan ketidaksesuaian nilai rapor yang di-input dengan nilai rapor soft-copy.

9. Perhatikan 11 digit Nomor Registrasi karena akan berlaku sebagai No. Rekening Virtual Account (VA).

10. Cek Formulir Pendaftaran Online, sekali lagi sebelum menekan tombol "Submit"

11. Kirimkan soft-copy format pdf atau jpeg rapor SMA kelas X dan XI empat semester dan Halaman Keterangan Tentang Diri Peserta Didik ke beasiswarapor@president.ac.id atau admission@president.ac.id dengan subject : Nomor Registrasi, Nama Lengkap, Jurusan; Nomor Handphone

12. Pengecekan status beasiswa dapat dilakukan di www.admission.president.ac.id, pilih Menu Cek-Status-Beasiswa, dengan menginput Nomor Registrasi dan Password (tanggal lahir DD-MM-YYYY) sesuai dengan yang tertera pada LoA.


Di samping jalur rapor, calon mahasiswa juga bisa mendaftar beasiswa jalur tes dan jalur prestasi.

Beasiswa jalur tes diberikan kepada mahasiswa berdasar nilai Tes Masuk (University Entrance Examination) President University yang dengan memenuhi syarat dan ketentuan administrasi.

Seperti beasiswa jalur rapor, penerima beasiswa jalur tes penuh bebas biaya adalah mahasiswa Rank 1 dengan IPK minimal 3,5. Sementara mahasiswa Rank 2-8 dikenakan biaya kuliah per semester Rp8-25,6 juta. Adapun mahasiswa reguler dikenakan biaya kuliah Rp32 juta.

Adapun beasiswa jalur prestasi diberikan berdasar prestasi non akademik seperti olahraga, seni, dan sosial budaya serta memenuhi standar nilai masuk President University tanpa melalui tes, sesuai syarat dan ketentuan administrasi.

Beasiswa penuh bebas biaya perkuliahan atau beasiswa Rank 1 diberikan kepada juara 1-3 kompetisi internasional. Sementara juara 1-3 kompetisi nasional, provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan diberikan beasiswa Rank 2-5 dengan biaya kuliah Rp8-16 juta.

Selengkapnya tentang beasiswa S1 dari Jababeka untuk kuliah di President University bisa dilihat di admission.president.ac.id. Hayo, tertarik mendaftar? Yuk!





Simak Video "Dirut TransJ Didemo Mahasiswa untuk Mundur dari Jabatan!"
[Gambas:Video 20detik]
(pal/pal)

Ranking PTN

Berikut daftar 5 Perguruan Tinggi terbaik Indonesia