Target 2 Ribu Peserta, Sayan Rumaket Dirangkai Gowes-Donor Darah

Target 2 Ribu Peserta, Sayan Rumaket Dirangkai Gowes-Donor Darah

Ni Made Lastri Karsiani Putri - detikBali
Jumat, 30 Sep 2022 20:20 WIB
Konferensi pers Sayan Rumaket di The Ambengan Tenten, Jumat (30/9/2022).
Konferensi pers Sayan Rumaket di The Ambengan Tenten, Jumat (30/9/2022). (Ni Made Lastri Karsiani Putri/detikBali)
Denpasar -

Sayan Rumaket digelar untuk memantik kunjungan wisatawan ke Desa Sayan, Ubud, Gianyar. Kegiatan tersebut akan digelar selama dua hari, yakni pada 8-9 Oktober 2022.

Perbekel Desa Sayan, I Made Andika menjelaskan Sayan Rumaket menghadirkan berbagai aktivitas yang dirancang untuk menarik wisatawan ke desa tersebut. Mulai dari gowes, jalan santai, hingga donor darah. Pihaknya menargetkan 2 ribu peserta terlibat dalam kegiatan itu.

"Kami targetkan selama acara dua hari tersebut bisa diikuti 2 ribu orang. Saat ini kami sudah sebarkan 800 tiket dan kami masih punya waktu sekitar seminggu lagi," kata Andika, Jumat (30/9/2022).


Andika menjelaskan, Sayan Rumaket tahun ini mengangkat tema Suta Dipa Embasing Bumi. Menurutnya, tema tersebut berangkat dari falsafah Tri Hita Karana yang di antaranya menekankan hubungan harmonis antara manusia dengan sesama maupun lingkungan.

"Temanya kami ambil dua poin dari Tri Hita Karana. Kami percaya hubungan manusia dengan Tuhan sifatnya personal dan kami tidak ingin ikut campur," sebutnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Sayan Rumaket, I Wayan Gede Budi Arthawan, menuturkan, kegiatan Sayan Rumaket akan diisi oleh kegiatan bersepeda bertajuk gowes for love. Selain itu, ada juga kegiatan jalan santai yang rutenya melewati sejumlah objek wisata di Desa Sayan.

"Nanti akan ada agenda Tour the Sayansation bagi pelukis young artist, lalu dilanjutkan dengan diorama musik. Besoknya ada Gowes for Love 3.0 dengan dua rute yakni 29 kilometer dan 7 kilometer," katanya.

Melalui kegiatan tersebut, peserta akan diperkenalkan potensi wisata di Desa Sayan. Selain gowes dan jalan santai, Sayan Rumaket juga akan dirangkai dengan kegiatan melukis bersama, operasi katarak, hingga donor darah. Menurut rencana, kegiatan ini akan dihadiri oleh Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (Kagama) dari seluruh Indonesia, termasuk Ketua Umum Kagama Ganjar Pranowo.



Simak Video "Geger Temuan Paus Terdampar di Jembrana"
[Gambas:Video 20detik]
(iws/iws)