Serunya Foto dengan Hewan di Taman Tirta Gangga Karangasem

I Wayan Selamat Juniasa - detikBali
Senin, 20 Jun 2022 09:31 WIB
Salah seorang wisatawan berfoto dengan hewan di pintu masuk Taman Tirta Gangga, Karangasem, Bali, Minggu (19/6/2022).
Salah seorang wisatawan saat berfoto dengan hewan di pintu masuk Taman Tirta Gangga, Karangasem, Bali, Minggu (19/6/2022). Foto: I Wayan Selamat Juniasa
Karangasem -

Wisatawan ramai mengunjungi Taman Tirta Gangga yang terletak di Desa Ababi, Kecamatan Abang, Kabupaten Karangasem, Bali, pada momen Manis Kuningan, Minggu (19/6/2022). Wisatawan yang datang bisa berfoto bersama hewan di pintu masuk.

Pantauan detikBali, Minggu (19/6/2022), pemilik tempat foto di pintu masuk Taman Tirta Gangga terlihat menawarkan jasa foto bareng hewan. Pengunjung yang mau cukup membayar Rp50 ribu untuk tiga kali foto.

"Ayo silakan foto-foto cuma Rp50 ribu, tiga kali foto dengan hewan yang berbeda-beda," kata I Gede Suta, pemilik tempat foto di sekitar Taman Tirta Gangga, Minggu (19/6/2022).


Suta menuturkan, ia sudah menggeluti bisnis tersebut sejak sepuluh tahun lalu. Awalnya Suta hanya memiliki satu binatang, yaitu ular albino. Tapi sekarang hewan yang dimiliki bertambah, yaitu burung hantu, iguana, musang, dan kalong.

"Saya memang hobi pelihara binatang sejak dulu. Sekarang ternyata bisa dimanfaatkan dan menghasilkan, bahkan ular albino yang saya miliki kini panjangnya sudah sekitar tiga meter dengan berat 35 kilogram," kata Suta.

Suta mengatakan, ketika kunjungan wisatawan ramai, ia bisa menghasilkan sekitar Rp200-300 ribu per hari. Tapi saat kunjungan sepi, ia bisa tidak dapat uang sama sekali.

"Sebenarnya saat ramai pun kadang hanya dapat sedikit, karena kebanyakan wisatawan takut berfoto, padahal semua binatang yang saya punya sudah jinak. Tapi kalau cuma lihat-lihat, hampir semua wisatawan yang lewat melihat ke sini," kata Suta.

Adi, salah seorang wisatawan yang berfoto dengan hewan di sana mengaku awalnya sedikit takut, apalagi melihat ular yang ukurannya lumayan besar. Ia pun akhirnya memutuskan berfoto dengan kalong dan burung hantu.

"Sedikit takut karena belum pernah foto dengan hewan seperti ini, foto sama kalong saja sedikit takut tadi," kata Adi.

Berdasarkan pantauan, wisatawan mancanegara dan domestik terlihat memadati Taman Tirta Gangga. Tempat parkir terisi penuh hingga membuat beberapa kendaraan harus parkir di bahu jalan.



Simak Video "Gembrong, Jenis Kambing Persilangan Antara Kasmir dan Turki, Karangasem Bali"
[Gambas:Video 20detik]
(irb/irb)