Run-off Sirkuit Mandalika Diperlebar 20 Meter Jelang WSBK 2022

Ahmad Viqi - detikBali
Rabu, 21 Sep 2022 14:24 WIB
Pelebaran run off Sirkuit Mandalika dilakukan sebelum WSBK 2022
Foto: Pelebaran run off Sirkuit Mandalika dilakukan sebelum WSBK 2022 (istimewa)
Mataram -

Beberapa titik sisi lintasan aspal di tikungan Sirkuit MotoGP Mandalika atau kerap disebut run-off akan diperlebar jelang event World Superbike Championship (WSBK) pada 11-13 November 2022 mendatang.

Direktur Mandalika Grand Prix Association Priadhi Satria mengatakan pelebaran run off itu sesuai hasil inspeksi tim Dorna Sport dan Federasi Internasional Motorcycle (FIM) usai menonton gelaran MotoGP Mandalika pada Maret 2022 nanti.

"Dorna meminta pada event WSBK nanti seluruh trek akan dilakukan improvement. Salah satu masukan Dorna dan FIM usai meninggalkan Indonesia untuk melakukan pelebaran run off," kata Priandhi, Rabu (21/9/2022) via sambungan telepon.


Sesuai hasil komunikasi dengan Dorna Sport lanjut Priandhi beberapa titik tikungan di Sirkuit Mandalika diberikan catatan untuk dilakukan perbaikan. Termasuk pelebaran run off, visual, safety dan perbaikan permukaan lintasan.

Menurut Priandhi selain ada perbaikan di bagian permukaan lintasan di beberapa titik yang dinilai memiliki daya cengkraman kurang bagus menurut Dorna, MGPA juga tengah melakukan pengaspalan ulang untuk lintasan yang bergelombang di sejumlah titik.

"Run-off itu ada di tikungan 10. Dan beberapa titik lainnya," katanya.

Pelebaran run off di Sirkuit Mandalika ini pun bertujuan agar balapan WSBK dan MotoGP 2023 nanti tersaji lebih seru.

"Karena kan jika rider masuk ke tikungan setelah melakukan pengereman itu diharapkan oleh Dorna dan FIM tidak mudah masuk ke bagian gravel atau krikil," ujarnya.

Selain itu, pelebaran run off juga dilakukan agar para rider yang beradu kecepatan di beberapa titik tikungan krusial seperti tikungan pertama, keenam dan tikungan 10 tidak mudah slip dan masuk ke gravel.

"Tujuan pelebaran run off agar menciptakan balapan yang saling kejar-kejaran. Ini akan lebih seru. Kalau run off lebar rider tidak mudah masuk gravel. Gravel juga akan dilebarkan," katanya.

Khusus area run off di tikungan 10 Sirkuit Mandalika akan dilebarkan 20 meter. Beberapa titik di tikungan Sirkuit Mandalika lainnya juga akan dilebarkan seperti permintaan dari Dorna Sport dan FIM.

"Sampai saat ini masih kita lakukan improvement. Bulan Oktober itu sudah rampung semuanya," pungkas Priandhi.



Simak Video "MGPA Buka Suara Soal Rumor Mandalika Jadi Seri Pembuka MotoGP 2023"
[Gambas:Video 20detik]
(kws/kws)