Pembobol ATM Modus Ganjal Obeng, Pelaku Gasak Uang Rp 75 Juta

Tim detikBali - detikBali
Selasa, 16 Agu 2022 18:07 WIB
Dua pelaku pembobol ATM jaringan luar NTB dibekuk polisi, Selasa (16/8/2022).
Dua pelaku pembobol ATM jaringan luar NTB dibekuk polisi, Selasa (16/8/2022). Foto: Ahmad Viqi
Mataram -

Polda NTB berhasil menangkap komplotan pembobol ATM lintas provinsi. Modus yang mereka lakukan adalah dengan melakukan transaksi kemudian mengganjal mulut ATM dengan menggunakan obeng.

Kedua pelaku yang berhasil ditangkap masing-masing Agus Lid (29) dan Tengku Hidayat (40), dan BS masih buron.

Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto mengatakan modus operandi berdasarkan rekaman CCTV bahwa ketiga pelaku mencuri uang pada mesin ATM dan sengaja melakukan transaksi.


Setelah bertransaksi dilakukan, salah satu dari pelaku lainnya mengganjal mulut ATM dengan menggunakan obeng. Kemudian pelaku lain menggunakan tongkat penjepit memasukkan ke mulut ATM kemudian mengambil uang dari dalam ATM yang telah dimodifikasi.

Setelah pelaku berhasil mengambil uang dalam pada mesin ATM, lalu mencabut kartu ATM atas nama Saryani adik ipar pelaku BS dan kabur meninggalkan lokasi.

"Kami temukan identitas pengguna kartu ATM yang digunakan atas nama Saryani alamat Tanggamus, Lampung," kata Djoko.

Setelah dilakukan upaya pencarian, didapat informasi dari saksi Saryani bahwa kartu ATM miliknya telah dipinjam oleh BS yang kini berstatus (DPO).

Ada pun total uang yang berhasil diamankan Dirreskrimum Polda NTB untuk 22 mesin ATM yang dibobol ketiga pelaku mencapai Rp 75 juta.

Dari 22 mesin ATM yang dibobol, para pelaku berhasil menggasak Rp 8.000.000 dari 7 ATM wilayah Bali, Rp 6.000.000 dari 6 ATM wilayah Banyuwangi, dan Rp 15.000.000 dari 11 ATM wilayah Malang, Jawa Timur.

Khusus di wilayah Lombok NTB, ketiga pelaku berhasil mengambil uang di salah satu unit ATM milik bank NTB Syariah dengan total Rp 20.550.000.

"Ada juga di wilayah Jawa Tengah dan Depok Jawa Barat. Namun para pelaku lupa berapa unit ATM yang dibobol. Namun keterangan pelaku mendapat uang sekitar Rp 20.000.000," pungkas Djoko.



Simak Video "Detik-detik Penangkapan Kawanan Pembobol ATM Modus Ganjal Tusuk Gigi"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)