Profil Khabib Nurmagomedov, Bangun Hotel Terapung di Lombok

Tim detikSport - detikBali
Rabu, 15 Jun 2022 19:58 WIB
Khabib Nurmagomedov
Foto: (Instagram/khabib_nurmagomedov)Khabib Nurmagomedov
Lombok -

Petarung Ultimate Fighting Championship (UFC) asal Negara Rusia Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov berencana membangun hotel terapung senilai Rp 400 miliar tepat di Kabupaten Lombok Timur, Provinsi NTB.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi NTB Mohammad Rum mengatakan rencana pembangunan hotel terapung milik petinju bebas asal negara Rusia itu rupanya telah mencapai tahap kesepakatan antara konsultan Khabib Nurmagomedov bersama Pemprov NTB.

Lantas siapa sih sebenarnya Khabib Nurmagomedov? Berikut detikBali rangkum profil Khabib Nurmagomedov.

Kehidupan Pribadi

Khabib Abdulmanapovich Nurmagomedov lahir pada 20 September 1988. Khabib Nurmagomedov berasal dari wilayah Dagestan Rusia dan merupakan keturunan etnis Avar. Nurmagomedov menikah pada Juni 2013. Ia memiliki seorang putri yang lahir 1 Juni 2015 dan seorang putra yang lahir 30 Desember 2017.


Dikutip dari detikSport Rabu (15/6/2022), Khabib dikenal sebagai muslim yang taat. Hal ini terlihat dari caranya berdoa mengangkat tangan ke atas sebelum pertandingan dan mengucapkan "Alhamdulillah" ketika menang.

Arti Nama

Khabid Nurmagomedov memiliki arti nama yang begitu indah. Khabib diambil dari bahasa Arab yakni yang berarti 'cinta' atau 'sayang'. Pelafalannya pun 'habib' tidak memakai kata 'kh'.

Berikutnya Nurmagomedov, di sini yang menarik. Nurmagomedov rupanya adalah gabungan dua kata yakni nur dan magomedov. Nur diambil dari bahasa Arab yang berarti 'cahaya' dan Magomedov dalam bahasa Rusia artinya 'Muhammad' (tentu merujuk ke Nabi Muhammad). Di antara kata Khabib dan Nurmagomedov terselip kata Abdulmanapovich. Dalam bahasa Rusia memiliki arti anaknya Abdulmanap (nama dari ayahnya Khabib). Namun tentu, dia lebih dikenal dengan nama Khabib Nurmagomedov.

Jika diartikan secara garis besar, Khabib Nurmagomedov adalah cinta cahaya Nabi Muhammad.

Karier

Khabid Nurmagomedov debut MMA profesional pada September 2008. Dia saat ini memegang rekor tak terkalahkan terpanjang di MMA, dengan 29 kemenangan.

Khabib Nurmagomedov telah berlatih bersama beberapa klub petarung. Di antaranya SC Bazarganova di Kizilyurt, Dagestan (2012), K-Dojo di United States, Klub Pertarungan AMA di Fairfield, New Jersey (2012), Tim Pertarungan Mamishev di Saint Petersburg (2012), Tim Spirit Fight di Kolpino, St. Petersburg (2013), dan Tim KHK MMA di Bahrain (2015). Pada tahun 2016, ia bersama Ziyavudin Magomedov mendirikan timnya sendiri yang diberi nama 'Tim Eagles MMA'.

Pensiun dari UFC Demi Sang Ibu

Khabib sendiri sudah menyatakan, dirinya pensiun karena keinginan sang ibu. Ibunya Khabib tidak mau lagi melihat 'The Eagle' bertarung sejak ayah Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov meninggal dunia pada awal Juni 2020.

Khabib memang dikenal sangat dekat dengan sang ayah. Khabib tidak terbayang jika harus bertarung lagi tanpa ditemani almarhum ayahnya.

Semasa hidup, Abdulmanap Nurmagomedov juga sempat bicara mengenai aksi gulat putranya dengan hewan-hewan termasuk beruang. Menurutnya, dalam wawancara kepada ToFight.Ru, hal itu lebih kepada ujian pada mental Khabib Nurmagomedov alih-alih memoles skill gulatnya.

Khabib Nurmagomedov resmi pensiun pada tahun 2020. Ia memutuskan pensiun setelah mengalahkan Justin Gaethje dan mempertahankan sabuk juara kelas ringan di UFC 254.

Bangun Hotel Terapung di Lombok

Rencana pembangunan hotel terapung milik petinju bebas asal negara Rusia itu rupanya telah mencapai tahap kesepakatan antara konsultan Khabib Nurmagomedov bersama Pemprov NTB.

Khabib Nurmagomedov telah mengantongi izin pemanfaatan tiga gili tersebut tetap dari Pemerintah Pusat. Pemerintah daerah hanya mengeluarkan rekomendasi setelah keluarkan persetujuan teknis dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Dinas Kelautan dan Perikanan NTB.

Untuk proses pembangunan resort terapung tersebut nilai investasi pembangunan hotel terapung milik petinju yang sempat menumbangkan petinju McGregor senilai Rp 400 miliar. Adapun rencana pembangunan hotel terapung tersebut terletak di tiga gili di Lombok Timur. Yakni Gili Bidara, Gili Kondo dan Gili Kapal.

Hotel terapung milik Khabib direncanakan mulai digarap tahun 2023 setelah melalui uji AMDAL yang akan dilakukan Pemda NTB pada akhir tahun 2022.



Simak Video "Jawaban Conor McGregor Atas Ejekan Khabib Nurmagomedov"
[Gambas:Video 20detik]
(nor/nor)