Polda NTB Siagakan 35 Pos Pengamanan Selama Lebaran

Ahmad Viqi - detikBali
Jumat, 29 Apr 2022 00:03 WIB
Situasi pengamanan mudik di Pelabuhan Lembar Lombok Barat, Kamis (28/4/2022)
Situasi pengamanan mudik di Pelabuhan Lembar Lombok Barat, Kamis (28/4/2022). (Foto : Ahmad Viqi)
Mataram -

Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB) menyiapkan 35 pos pengamanan dan pelayanan di sejumlah titik rawan selama operasi Ketupat Rinjani 2022.

Dari 35 pos yang dibangun ini berfungsi untuk mengamankan arus mudik, saat lebaran Idul Fitri 1443 hijriah hingga arus balik tanggal 9 Mei 2022.

Kabid Humas Kombes Pol Artanto mengatakan pengamanan lebaran tahun 2022, Polda NTB menerjunkan sebanyak 1.658 personel.


"Semua personel kita sebar di 35 titik Pos Pengamanan dan Pelayanan," kata Artanto, Kamis (28/4/2022).

Artanto menjelaskan, dari 35 pos yang dibangun, sebanyak 23 Pos khusus untuk Pengamanan dan 12 Pos untuk Pelayanan yang diberdayakan untuk menjaga stabilitas Kamtibmas dan kelancaran Lalulintas.

"Kita juga melayani kebutuhan para pemudik selama di perjalanan," kata Artanto.

Selain itu, Polda NTB juga bangun Pos Pelayanan sebanyak 12 titik untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada para pemudik.

Selain untuk akselerasi vaksinasi dan Prokes, juga memberi informasi tentang pelayanan mudik, seperti di pelabuhan, bandara, dan terminal.

Sedangkan untuk Pos Pengamanan Polda NTB akan memaksimalkan pengamanan terutama di kawasan wisata dan jalur mudik, penjagaan fasilitas publik, perumahan/pemukiman, kantor pemerintah, tempat ibadah, kawasan perbelanjaan dan wisata.

"Pos pengamanan lebih fokus pada bagaimana menjaga dan menanagani gangguan Kamtibmas selain pengamanan wilayah dan mengurai kemacetan lalulintas," pungkasnya.

Sementara, Kapolresta Mataram Kombespol Heri Wahyudi mengatakan khusus pada hari Lebaran Idul Fitri, pihaknya akan mengawasi tiap-tiap lingkungan di Kota Mataram.

Pasalnya banyak warga yang bermukim di lingkungan meninggalkan rumahnya untuk mudik ke luar Lombok.

"Kita sudah siapkan personel untuk berjaga di tiap-tiap lingkungan. Karena banyak rumah warga yang ditinggal mudik," kata Heri.

Dia juga menambahkan bahwa situasi Kamtibmas di Kota Mataram harus tetap aman selama libur lebaran hingga perayaan Idul Adha 1443 hijriah mendatang.



Simak Video "Dikpora-BPKAD Dompu Digeledah Terkait Dugaan Korupsi KONI"
[Gambas:Video 20detik]
(dpra/dpra)