Maling HP di Buleleng Babak Belur Dimassa-Mewek Minta Pulang

Maling HP di Buleleng Babak Belur Dimassa-Mewek Minta Pulang

Made Wijaya Kusuma - detikBali
Kamis, 01 Des 2022 16:44 WIB
Kasi Humas Polres Buleleng AKP I Gede Sumarjaya.
Foto: Kasi Humas Polres Buleleng AKP I Gede Sumarjaya. (Made Wijaya Kusuma/detikBali)
Buleleng -

Sebuah video yang memperlihatkan seorang pria yang diduga mencuri ponsel ditangkap dan dihakimi oleh warga viral di media sosial (medsos). Peristiwa tersebut terjadi di wilayah Desa Tukadmungga, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali, Selasa (29/11/2022) malam.

Dalam cuplikan video viral terlihat seorang pria duduk tak berdaya. Pria tersebut terlihat babak belur usai ditangkap dan dipukuli oleh warga yang melihat aksinya. Sejumlah warga yang mengerubungi pun terlihat masih emosi dengan tindakan pria tersebut.

Di akhir video warga kemudian langsung membawa pria tersebut ke pihak yang berwajib. Di sisi lain, pria tersebut juga sempat memohon untuk dibolehkan pulang. Namun omongannya tersebut segera ditanggapi dengan ketus oleh warga yang kesal terhadap permintaan terduga pelaku.


"Adi mulih cai wak jambret (Kok minta pulang kamu, kamu itu jambret)," ujar salah seorang warga yang merasa kesal dengan omongan pria yang diduga jambret tersebut.

Kepala Seksi (Kasi) Humas Polres Buleleng AKP I Gede Sumarjaya mengatakan peristiwa tersebut terjadi di depan salah satu toko yang berlokasi di Desa Tukadmungga. Saat itu korban bernama Gede Budiaryana bersama dengan istrinya memarkir sepeda motor di depan warung. Kemudian istri korban menaruh ponsel miliknya di dalam kantong motor.

Setelah itu mereka masuk ke dalam warung untuk berbelanja. Usai berbelanja korban berserta sang istri kembali ke parkiran untuk mengambil sepeda motornya. Namun tak disangka ponsel milik istri korban diambil oleh orang yang tak dikenal. Istri korban pun sontak meneriakinya maling. Sehingga warga sekitar langsung mengejar pelaku hingga tertangkap di Desa Tukadmungga.

"Kejadiannya di depan toko di Desa Tukadmungga, malam itu juga yang bersangkutan langsung diamankan oleh masyarakat, HPnya itu ditaruh di kantong depan motor," kata Kasi Humas Polres Buleleng AKP I Gede Sumarjaya kepada detikBali, Kamis (1/12/2022).

Sumarjaya menambahkan, pelaku berinisial KYS (28) asal Desa Tukadmungga itu telah dimintai keterangan dan langsung ditetapkan sebagai tersangka pada Rabu (30/12/2022).

Tersangka kemudian diamankan di rumah tahanan (rutan) Mapolres Buleleng, selama 20 hari ke depan. Atas perbuatannya tersangka dijerat dengan pasal 362 KUHP tentang pencurian dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun.

"Saya himbau bagi warga menemukan hal seperti itu jangan main hakim sendiri, lebih baik diserahkan langsung ke pihak yang berwajib untuk menghindari dampak lain," jelasnya.



Simak Video "Keciduk Curi Kotak Amal, Pria di Jambi Diikat di Tiang Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(hsa/dpra)